Males Nge-Gym? Intip 10 Alat Olahraga di Rumah

  • Whatsapp
alat olahraga di rumah

Alat olahraga di rumah murah – Kebiasaan olahraga kini mulai disadari banyak orang di Indonesia. Hal ini yang membuat usaha gym berjamuran khususnya di wilayah perkotaan. Gym merupakan bisnis penyedia berbagai alat olahraga yang menjadi tempat favorit bagi kamu yang ingin membentuk tubuh supaya bugar. Kamu bisa olahraga di dalam ruangan yang tentunya lebih aman.

Meskipun tempat gym menyediakan banyak alat bahkan terbilang lengkap, namun tidak sedikit juga yang malas untuk berkunjung. Ada beberapa alasan orang jadi malas pergi ke gym seperti lokasi yang jauh, biaya keanggotaan yang mahal maupun alasan lainnya.

Jika kamu malas nge-gym dengan alasan tersebut, maka punya alat olahraga di rumah bisa jadi solusinya loh.

Alasan Mengapa Harus Punya Alat Olahraga di Rumah

Mengapa kamu sebaiknya punya alat untuk olahraga sendiri? Alasan utamanya adalah supaya kamu tidak perlu lagi pergi ke gym. Kamu tetap bisa berolahraga tanpa menghabiskan waktu di jalan untuk pergi ke tempat olahraga khusus.

Beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki alat olahraga sendiri di rumah adalah sebagai berikut:

1. Bisa olahraga kapan saja

Tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk nge-gym, kamu bisa olahraga kapan saja di rumah. Menyesuaikan dengan waktu yang kamu miliki dan setelah lelah pun kamu bisa langsung istirahat atau mandi.

2. Tempat yang lebih nyaman

Seringkali banyak yang menghindari tempat fitness karena malas ramai atau bahkan tempat gym terdekat campur antara wanita dan pria. Atau kamu masih punya tubuh gemuk jadi minder untuk olahraga di tempat umum. Kalau di rumah kamu bisa olahraga lebih nyaman.

3. Biaya lebih murah

Jika punya alat olahraga dirumah kamu pastinya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar keanggotaan tiap bulannya. Memang sih beberapa alat gym harganya mahal, tapi kamu bisa menggunakannya seumur hidup tanpa biaya tambahan lainnya.

10 Alat Olahraga Di Rumah Murah dan Fungsinya

alat olahraga gym di rumah

Jika sudah memutuskan untuk membeli alat-alat olahraga untuk digunakan di rumah, kamu harus memilih yang cocok. Layaknya ketika berolahraga di gym, tentunya tidak semua alat selalu dan sering kamu gunakan.

Maka dari itu, penting untuk membeli alat olahraga di rumah yang murah saja dan pastinya akan anda gunakan. Sehingga tidak banyak uang yang terbuang demi alat gym yang akhirnya tidak digunakan.

Berikut ini rekomendasi alat olahraga di rumah beserta fungsinya.

1. Tali Skipping

Tali skipping merupakan salah satu alat olahraga lari di rumah yang bisa dibawa kemana saja. Dengan alat ini, kamu juga bisa melatih otot pada kaki karena gerakan melompat yang dilakukan terus berulang. Manfaatnya olahraga ini sangat baik terutama untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

Jadi, anda bebas deh bisa olahraga di mana saja termasuk di dalam ruangan maupun di halaman depan rumah.

2. Dumbell

Dumbell termasuk alat olahraga tangan yang bisa dipakai di rumah. Ada banyak ukuran dumbell yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan seberapa kencang otot ingin dibentuk.

Alat ini digunakan untuk membentuk otot pada lengan serta bahu. Untuk bisa menggunakannya dengan mudah, kamu juga bisa sambil menyetel video olahraga sebagai panduan. Dumbell berbeda dengan barbel karena ukurannya cenderung kecil yaitu 2 hingga 10 kg saja. Bentuknya juga kecil sehingga ringkas untuk disimpan.

3. Sepeda statis

Sepeda menjadi olahraga ringan untuk memperkuat otot kaki. Sepeda statis adalah alat olahraga sepeda yang biasanya digunakan untuk awalan sebelum menggunakan alat gym lainnya. Walaupun tampak olahraga yang ringan, jika kamu menggunakan nya dengan serius bisa menimbulkan keringat yang cukup banyak.

Tidak seperti sepeda biasa yang harus dikendarai dalam jarak jauh yang belum tentu memiliki medan nyaman. Jalan bergelombang bisa jadi hambatan, belum lagi cuaca hujan. Dengan sepeda statis, kamu bisa mengatur tingkat berat dan ringan kayuhan kaki.

4. Resistance Band

Sama seperti tali skipping, Resistance Band merupakan alat olahraga yang harganya paling murah dan bisa digunakan di kaki maupun di tangan. Tingkat kelenturan yang tersedia beragam tergantung efek yang ingin didapatkan.

Jika kamu ingin menjaga kesehatan saja, resistance band yang tidak terlalu kencang bisa jadi pilihan. Semakin sedikit kelenturannya maka efek yang diberikan semakin tinggi karena tingkat kesulitannya untuk direntangkan.

5. Treadmill

Nama alat olahraga ini pasti sudah tidak asing lagi. Treadmill adalah alat yang digunakan untuk olahraga lari di dalam ruangan atau ditempat. Kamu bisa berlari, berjalan atau jogging dengan kecepatan mesin yang diatur sesuai kebutuhan. Kamu tidak perlu olahraga lari outdoor di pagi atau malam hari.

Keuntungannya berlari dengan treadmill adalah medan yang ditapaki datar. Kamu akan terhindar cedera pada saat berlari karena medan yang tidak rata. Kamu bahkan bisa berolahraga dengan treadmill sambil menonton televisi atau drama kesayangan. Sebagai alat olahraga lari ada banyak jenisnya yaitu manual atau elektrik.

6. Kettlebell

Kamu masih belum puas dengan dumbell untuk menciptakan otot pada lengan, bahu atau otot bagian atas tubuh? Kamu bisa memanfaatkan alat ini, kettlebell adalah alat angkat beban berat berbentuk bola berat. Beratnya pun bervariasi dari 4 kg hingga 20 kg lebih.

Cara penggunaannya cukup berbeda, kettlebell digunakan dengan diangkat saja atau diayunkan. Karena bebannya yang cukup berat, kamu harus memastikan bahwa postur tubuh sudah tepat pada saat mengangkat.

7. Pull Up Bar

Bermasalah dengan tinggi badan? Atau kamu sering mengalami sakit pinggang atau tulang pinggang yang bengkok? Pull up bar adalah solusi olahraga yang harus kamu miliki. Biasanya para pria yang menggunakan alat ini, tapi ternyata wanita juga bisa lho.

Gerakan simpel untuk memperbaiki postur tubuh adalah cukup berpegangan pada pull up bar tanpa menapakkan kaki. Tapi jika kamu ingin melatih otot tangan hingga perut, kamu bisa mengangkat tubuh sambil berpegangan dengan tangan.

8. Gym ball

Alat olahraga yang satu ini sangat baik digunakan untuk mengecilkan perut. Kebanyakan yang menggunakan adalah kaum hawa, tapi tidak tertutup bagi para pria untuk bisa menggunakannya. Untuk hasil yang maksimal, kamu harus rutin karena gerakan yang dilakukan tidak terlalu keras seperti berlari.

9. Double Wheel Exerciser

Masih belum puas untuk mengencangkan otot perut dengan gym ball? Kamu juga bisa membeli double wheelchair exerciser. Alat ini bisa digunakan untuk mengencangkan otot perut, lengan serta paha bagian atas.

Baca juga: 10 Manfaat Pilates Untuk Wanita dan Pria

10. Samsak tinju

Ingin melakukan olahraga yang sedikit lebih berat apalagi untuk melampiaskan emosi? Samsak tinju perlu kamu miliki. Selain olahraga, alat ini juga bisa dijadikan untuk latihan bela diri. Kamu para wanita perlu melatih diri untuk memiliki pertahanan yang baik dan penting digunakan pada saat berada di situasi berbahaya.

Kesepuluh alat olahraga (gym) terbaik ini bisa kamu miliki di rumah, tidak perlu semua tapi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu punya budget minim bisa memilih alat olahraga yang murah seperti tali skipping atau dumbell. Asal rutin olahraga maka target tubuh bugar pasti akan tercapai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *