Home Kehamilan Wajib Tahu! Ini Dia Bahaya Penyakit Lupus Pada Ibu Hamil

Wajib Tahu! Ini Dia Bahaya Penyakit Lupus Pada Ibu Hamil

0
30
penyakit lupus pada ibu hamil

Bahaya Penyakit Lupus Pada Ibu Hamil – Sekarang ini seluruh dunia sedang waspada dengan salah satu jenis penyakit berbahaya yaitu penyakit lupus. Pasalnya penyakit ini dapat menjangkit setiap usia bahkan tidak mengenal jenis kelamin termasuk pula pada wanita yang sedang hamil atau tidak.

Dalam fase kehamilan tidak sedikit Ibu hamil yang merasa khawatir dengan gangguan dan keluhan yang ia rasakan karena perubahan tubuh selama kehamilan, apalagi bagi mereka yang mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Nah, seperti yang saya sebutkan di atas jika Ibu hamil bisa terjangkit penyakit lupus, baik itu dalam fase kehamilannya ataupun sebelum kehamilan. Apakah penyakit lupus bagi Ibu hamil berbahaya?

Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai bahaya penyakit lupus maka sebaiknya kita mengenali dengan baik penyakit lupus itu sendiri, apa sih penyakit lupus itu? Penyakit lups merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, dimana sel-sel pertahanan yang ada di dalam tubuh yang seharusnya melindungi dari penyakit, virus, bakteri atau kuman justru menyerang tubuh pemiliknya. Penyakit lupus disebut sebagai salah satu penyakit paling mematikan karena penyakit ini justru menyerang jaringan tubuh ataupun organ-organ di dalam tubuh seperti sel darah, jantung, kulit, persendian bahkan hingga paru-paru.

Seperti apa gejala penyakit lupus saat menjangkit seseorang? Para pakar menyebut jika gejala penyakit lupus umumnya cukup sulit dideteksi, pasalnya gejalanya hampir sama dengan penyakit lain. Tidak hanya itu gejala penyakit lupus juga terbilang cukup beragam ada yang menunjukkan gejala yang berat tapi ada juga yang nyaris tidak terlihat gejalanya seperti rasa lelah, munculnya ruam pada kulit atau pembengkakan pada persendian kaki.

Penyakit lupus merupakan penyakit yang sangat dikhawatirkan oleh para pakar kesehatan, khususnya pada penyakit lupus yang berbentuk sistemik, karena penyakit ini menyerang organ-organ tubuh yang vital seperti hati, ginjal dan jantung. Parahnya menurut sejumlah pakar kesehatan penyakit lupus sendiri jauh lebih banyak diderita oleh para wanita dengan perbandingan 9 banding 1 dengan pria. Apa yang menyebabkan penyakit lupus?

Penyebab penyakit lupus cukup beragam bisa dari faktor internal tubuh atau dari faktor eksternal. Faktor internal tubuh seperti pada wanita penyakit lupus yang banyak ditemukan pada wanita disebabkan oleh faktor hormon, genetik atau sebuah anomaly yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang jaringan dan organ-organ tubuh. Bahkan ternyata ras Asia Pasifik ternyata menjadi salah satu ras yang sangat berisiko dengan penyakit lupus.

Sedangkan faktor eksternal dapat berupa gaya hidup yang buruk, dimana sejumlah faktor seperti stress berlebihan, sinar ultraviolet matahari atau lampu, penggunaan obat-obatan antibiotic seperti amoxilin, ampicilin atau penggunaan obat-obatan berbahan sulfa mulai dari septra, tolbutamide, silsoxazole atau bactrim

Tingginya angka risiko penyakit lupus pada wanita ini tentunya menjadi kekhawatiran bagi setiap wanita terlebih lagi bagi para Ibu hamil, karena selama ini kita tahu kehamilan atau fase pertumbuhan janin di dalam kandungan hingga kondisi kesehatan Ibu hamil itu sendiri bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi hingga kesehatan tubuh Ibu hamil.

Seperti apa bahaya penyakit lupus pada Ibu hamil?

Sebagai salah satu penyakit berbahaya, penyakit lupus tentu akan menimbulkan efek tersendiri bagi kehamilan.

Menurut hasil penelitian dari para pakar kesehatan, penyakit lupus bagi Ibu hamil memiliki risiko yang cukup berbahaya. Penyakit lupus dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan, kulit memerah dan bercahaya di trimester pertama dan kedua, preeclampsia dimana tekanan darah dan kadar protein meningkat sehingga membahayakan organ vital tubuh, penggumpalan darah, keguguran, kelahiran prematur atau bahkan janin meninggal di dalam kandungan.

Seperti itulah bahaya penyakit lupus bagi Ibu hamil yang sudah pasti tidak ingin Anda alami. Tapi kabar baiknya para Ibu hamil termasuk para wanita yang menderita lupus disebutkan oleh para pakar agar Anda tidak perlu khawatir apalagi sampai bersedih atau stres. Karena ternyata risiko berbahaya dari penyakit lupus tidak perlu Anda takutkan, pasalnya penyakit lupus tidak dapat menimbulkan bahaya pada kehamilan Anda seperti yang disebutkan di atas asal (ingat baik-baik ya Bunda) sebelum, saat hamil hingga pasca persalinan Anda rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda dan rutin menjalani pemeriksaan kandungan sepanjang kehamilan.

Para pakar dan juga dokter kandungan menyarankan agar penderita lupus sudah melakukan pengecekan ke dokter 6 bulan sebelum kehamilannya. Hal ini penting untuk mempersiapkan kehamilan agar Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini. Begitu pula saat Anda tengah berada dalam fase kehamilan, sangat penting agar Anda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan Anda pada dokter kandungan agar dokter dapat memberikan pengobatan yang dapat mencegah risiko berbahaya pada kesehatan Anda dan juga janin di dalam kandungan Anda. Namun umumnya dalam masa kehamilan Anda mungkin akan mengalami sejumlah gangguan lupus seperti kulit memerah dan mengkilap atau penggumpalan darah, hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon di dalam tubuh Anda tapi tidak perlu takut karena gangguan tersebut bisa diatasi dengan beberapa obat-obatan yang tentunya aman untuk kandungan Anda. Selain itu sangat penting bagi Anda mengontrol tekanan darah, ginjal, kadar gula darah secara teratur agar dokter kandungan dapat membantu mencegah dan menangani penyakit lupus yang Anda derita selama fase kehamilan dengan mendeteksi sejak dini komplikasi yang mungkin terjadi akibat penyakit lupus.

Penyakit lupus bagi Ibu hamil memang berbahaya tapi dengan rutin melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter Anda dapat menekan risiko berbahaya yang ditimbulkan oleh penyakit lupus, dengan begitu Anda bisa tetap menjalani kehamilan Anda dengan sehat dan lancar. Semoga informasinya bermanfaat ya Bunda. BIBIA.ID

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here