8 Buah yang Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
buah yang mengandung asam folat tinggi

Buah termasuk salah satu asupan yang dianjurkan untuk ibu hamil konsumsi. Selain merupakan makanan sehat dengan kandungan yang kaya nutrisi, vitamin, protein dan mineral. Ternyata ada beberapa buah yang mengandung asam folat yang tentunya sangat baik bagi kesuburan dan ibu hamil.

Asam folat (atau vitamin B9) merupakan asupan penting alias vitamin yang kaya akan manfaat. Selain baik untuk ibu hamil dan menunjang kesehatan, asam folat juga bagus untuk kesuburan, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh suami istri yang baru saja menikah.

Daftar Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak

buah yang mengandung asam folat terbanyak

Beriku beberapa buah buahan yang kaya akan asam folat.

1. Jeruk

Jeruk termasuk buah-buahan yang memiliki berbagai manfaat dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Artinya, sangat baik untuk kekebalan tubuh.

Selain itu, jeruk memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Hasil penelitian mencatat bahwa jeruk mengandung asam folat hingga 28 mcg.

2. Pisang

Buah berwarna kuning ini sangat umum alias mudah ditemukan. Sudah sejak lama pisang dikenal sebagai buah-buahan yang kaya akan manfaat dengan kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang menyehatkan.

Selain itu, ternyata pisang memiliki kandungan asam folat hingga 20 mcg atau 6% dari kebutuhan tubuh. Untuk ibu hamil, buah pisang sangat baik untuk pertumbuhan syaraf otak dan tulang belakang pada janin.

Manfaat lain dari buah pisang yaitu untuk mengatasi mual saat hamil, muntah atau tekanan darah tinggi pada Ibu hamil.

3. Alpukat

Buah yang satu ini juga cukup akrab di masyarakat. Alpukat memang salah satu buah-buahan yang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan sebagai salat atau jus buah untuk ibu hamil.

Buah alpukat memiliki banyak kandungan menyehatkan, seperti vitamin C, vitamin K, A, E, B5, seng, zat besi  dan asam folat. Manfaat asam folat yang diberikan oleh buah alpukat ternyata sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan juga membantu pertumbuhan janin.

Hasil penelitian dari sejumlah pakar kesehatan mencatat bahwa alpukat memiliki 20 mcg asam folat. Sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang hamil atau yang ingin cepat punya momongan.

4. Stroberi

Selain bentuknya yang cantik, stroberi juga termasuk buah-buahan yang digemari banyak orang. Selain bentuk dan rasanya, buah ini punya kandungan yang sangat menyehatkan loh!

Stroberi memiliki kandungan nutrisi, vitamin, zat besi dan juga asam folat yang sangat bermanfaat.

Kandungan asam folat pada buah stroberi sangat baik untuk mencegah cacat pada janin, meningkatkan sel darah merah pada Ibu hamil, mencegah penyakit tulang serta baik untuk dikonsumsi bagi wanita yang ingin cepat hamil.

5. Persik

Buah persik juga termasuk buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi penting seperti zat besi, kalium, magnesium, seng, vitamin A, B1, B2, C, E dan vitamin B9 atau asam folat.

Maka tak heran jika buah persik termasuk buah yang mengandung asam folat tinggi untuk ibu hamil karena sangat baik untuk pembentukan syaraf janin.

Manfaat buah persik juga baik untuk fungsi ginjal, memperkuat otot jantung hingga mencegah risiko penyakit pada fungsi hati. Bahkan cocok dikonsumsi untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Jadi, jangan lupa untuk konsumsi buah persik terutama bagi Anda yang sedang melakukan program kehamilan (promil).

6. Pepaya

Kita bisa bersyukur hidup di daerah tropis yang kaya akan sumber daya alam. Salah satu kekayaan alam yang mudah kita temui adalah buah pepaya. Selain banyak ditemui, buah pepaya juga tidak memerlukan perawatan tersendiri.

Buah pepaya termasuk buah yang kaya akan kandungan berbagai jenis vitam dan nutrisi. Salah satunya B9 atau asam folat.

Jadi, tak heran jika pepaya termasuk buah yang mengandung asam folat paling tinggi dari jenis buah lainnya. Pasalnya, berdasarkan hasil penelitian sejumlah pakar mencatat bahwa buah pepaya memiliki setidaknya 38 mcg asam folat atau setara dengan 10% kebutuhan orang dewasa.

Dengan kata lain, pepaya tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan saja. Kandungan asam folat yang tinggi pada pepaya memiliki manfaat spesial untuk kehamilan maupun untuk wanita yang ingin cepat hamil.

7. Buah Tomat

Tomat termasuk buah-buahan yang kaya akan kandungan mineral, vitamin, serta anti oksidan. Bahkan buah ini juga memiliki kandungan asam folat yang baik.

Ternyata tomat termasuk buah yang mengandung asam folat terbanyak setelah pepaya. Buah tomat memiliki kandungan asam folat sebanyak 22,3 mcg atau sekitar 6% dari kebutuhan tubuh.

Jadi, manfaat buah tomat ini sangat baik untuk pembentukan sel-sel janin. Bahkan menurut para pakar, tomat sangat baik untuk mengatasi kelebihan homosistein yang dapat menimbulkan gangguan tidur hingga gejala depresi.

Baca juga: 6 Makanan yang Mengandung Asam Folat

8. Melon

Buah melon merupakan buah-buahan yang sangat mudah kita temui. Meski cukup umum, namun manfaatnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Selain memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah, melon juga mengandung beta karoten, serat, vitamin C dan vitamin B kompleks termasuk vitamin B9 (asam folat).

Melon sangat baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama masa kehamilan. Selain untuk ibu hamil, ternyata buah melon sangat bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis penyakit kanker.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *