HomePasca Kehamilan10 Tips Menggunakan Pompa ASI

10 Tips Menggunakan Pompa ASI

Berikut beberapa tips cara menggunakan pompa ASI. Hal ini penting untuk diketahui supaya nutrisi dan gizi bayi tetap terjaga dengan adanya ASI eksklusif.

Bagi Bunda yang masih sedang menyusui namun harus kembali beraktivitas di luar rumah, maka sebaiknya tetap memberikan ASI ekslusif pada bayi Anda. Cara memberikan ASI ekslusif tersebut adalah dengan memompa ASI perah, baik secara manual atau pun dengan menggunakan alat pompa ASI.

Berikut beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum memulai memompa ASI perah:

  • Mencuci tangan hingga bersih.
  • Lalu, kompres dengan handuk yang hangat.
  • Persiapkan wadah seperti botol ASI.

Bibia sudah menyiapkan tips terbaik dalam menggunakan pompa ASI sebagai berikut.

10 Tips Cara Menggunakan Pompa Asi

1. Berikan jadwal untuk pompa ASI

Tips pertama dalam memompa ASI untuk bayi adalah dengan memberikan waktu luang pada saat beraktivitas untuk menggunakan pompa ASI. Anda tentunya harus memilih tempat atau ruangan sepi dan buat diri Anda serileks mungkin.

Namun, sebelum Anda mulai untuk memompa ASI perah ini, yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengkonsumsi air putih, kemudian buat posisi yang nyaman untuk duduk, lalu mulailah memompa payudara untuk mengeluarkan ASI Anda.

2. Beri pijatan beberapa menit sebelum memompa ASI

Pijatan yang harus Anda lakukan adalah dengan memulai pada bagian ketiak, kemudian dengan menggunakan ujung jari tangan yang berlawanan arah. Setelah itu, Anda berpindah pada bagian payudara yang dengan cara bertahap hingga berakhir ke bagian areola dengan menggunakan pola berputar (spiral).

Lakukan langkah ini untuk masing – masing kedua payudara Anda. Cara ini untuk mempercepat aliran dari ASI yang keluar dari payudara Bunda.

Tapi, jika ASI yang Anda pompa sudah sudah mulai lagi melambat, maka lakukan lagi langkah ini hingga Anda mulai terbiasa. Namun, tidak sedikit juga Bunda yang berhenti walaupun ASI perah belum terkumpul secara full.

3. Menjaga pikiran tetap santai dan rileks

Untuk menjaga pikiran Anda tetap santai dan rileks, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum beberapa gelas air putih terlebih dahulu sebelum memompa ASI perah. Lalu, coba bayangkan pada pikiran Anda bahwa ada aliran air dari gunung atau sungai yang mengalir deras ke arah lautan luas agar pikiran Anda bisa lebih tenang dan santai.

Anda jangan pernah terburu-buru saat melalukan pompa ASI ini, karena biasanya akan memperlambat dalam proses mengeluarkan ASI perah tersebut.

4. Manfaatkan perlengkapan dari Bayi Anda

Banyak juga para Bunda yang menggunakan cara ini. Mereka berpendapat bahwa dengan menggunakan perlengkapan bayi seperti baju, kemudian diletakkan dipangkuannya sambil memompa ASI perah, dapat memperlancar proses memompa ASI.

Para Bunda berpendapat cara ini akan mengingatkannya seakan-akan sang bayi sedang ada dalam pangkuannya dan dalam kondisi menyusui bayi tersebut. Apalagi jika Anda menggunakan wangi – wangian yang Anda gunakan pada bayi Anda, maka ini akan membawa pikiran Anda memang sedang seperti menyusui.

5. Sambil mendengarkan musik

Musik adalah salah satu bentuk terapi yang paling banyak digunakan menenangkan pikiran.

Nah, dalam memompa ASI perah, yang Anda perlukan adalah ketenangan dalam hal pikiran. Untuk itu, langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah dengan mendengarkan musik sambil memompa ASI perah.

Anda bisa memilih jenis musik yang slow, atau suara – suara dari alam seperti air mengalir, suara dalam hutan dan lainnya untuk membuat Anda lebih rileks atau santai. Menggunakan aroma terapi bisa juga dilakukan sebagai bantuan untuk relaksasi saat menggunakan pompa ASI.

6. Lebih sering memompa maka produksi ASI lebih banyak

Proses memompa ASI sebenarnya hampir sama dengan proses menyusui bagi para Bunda. Nah, untuk Anda para Bunda yang sedang menyusui namun harus kembali beraktivitas sebaiknya tetap keluarkan ASI Anda walaupun sang bayi tidak sedang bersama Anda untuk disusui, dengan cara memompa.

Dengan cara ini maka jumlah produksi ASI Anda akan tetap terjaga dan tetap dalam jumlah yang banyak. Anda jangan takut kalau terlalu sering memompa akan menghabiskan jumlah ASI. Karena hal tersebut malah akan terjadi sebaliknya.

7. Mengatur posisi alat pompa ASI

Menggunakan alat pompa ASI pada payudara Anda untuk pertama kali pasti memang akan merasa kesulitan.

Maka dari itu, untuk yang memang masih pemula, maka Anda bisa menggunakan buku petunjuk tentang bagaimana cara dalam menggunakan alat pompa ASI tersebut terlebih dahulu.

Karena memompa ASI dengan cara yang tidak benar, tentunya sulit untuk mengeluarkan ASI perah.

8. Penggunaan alat dengan dua pompa

Memompa kedua payudara secara bersamaan, memang merupakan tips terbaik untuk lebih banyak menghasilkan ASI perah. Jumlah prolactin dalam tubuh Bunda pun akan meningkat jika memompa payudara secara bersamaan.

Ada beberapa jenis pompa yang bisa digunakan yaitu pompa listrik atau pompa manual.

9. Mengenakan pakaian yang lebih nyaman

Pakaian adalah salah satu pendukung dalam membuat Anda nyaman ketika sedang memompa payudara Anda untuk mendapatkan ASI perah.

Gunakanlah pakaian yang memiliki atasan sedikit lebih longgar sehingga mempermudah Anda untuk menariknya ke bawah. Baju dengan kancing depan juga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Jangan lupa menggunakan pelapis yang dapat menyerap tetesan dari ASI perah tersebut, agar tidak mengenai pakaian Anda.

10. Cari posisi yang nyaman untuk memompa ASI

Anda bisa menggunakan kursi atau sofa dengan sandaran yang tinggi dan empuk sehingga memberikan kenyamanan bagi Anda saat memompa payudara.

Buatlah diri Anda senyaman mungkin saat memompa ASI, apalagi jika Anda sedang beraktivitas diluar seperti kantor, maka yang bisa Anda lakukan adalah bersandar pada kursi kerja, kemudian botol susu yang menampung hasil perahan dari ASI tersebut ditempatkan pada pangkuan Anda.

Dengan menggunakan pompa ASI, maka bayi di rumah akan tetap mendapatkan ASI ekslusif, terutama saat Anda sedang melakukan aktivitas di luar rumah atau di kantor.

- Advertisement -

Worldwide News, Local News in London, Tips & Tricks

spot_img

- Advertisement -