10 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

  • Whatsapp
cara meningkatkan kesuburan pria

Cara meningkatkan kesuburan pria – Jika Anda menginginkan istri cepat hamil, maka salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah tingkat kesuburan masing-masing, baik istri maupun suami.

Setiap pasangan yang baru menikah pasti mendambakan seorang anak sebagai pelengkap dari rumah tangganya. Tapi, itu semua tergantung dari pribadi masing-masing pasangan.

Ada pasangan yang istrinya sulit hamil ada juga yang cepat hamil. Untuk permasalahan istri yang sulit hamil ini biasanya disebabkan karena ketidaksuburan, entah itu dari suami atau istri.

Nah, kali ini Bibia akan membahas mengenai cara untuk pria dalam meningkatkan kesuburannya.

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Secara Alami

1. Mengecek kesuburan

Umumnya penyebab susah hamil pada wanita karena adanya gangguan kesuburan. Jadi hal penting yang harus dilakukan oleh pria atau suami adalah mengecek tingkat kesuburannya.

Bukan hanya bagi wanita saja yang harus dipertanyakan mengenai kesuburannya, akan tetapi pria juga harus melakukan pengecekan tersebut.

Salah satu penyebab pria tidak subur adalah adanya gangguan pada fisik. Dimana gangguan ini termasuk salah satu hal yang membuat wanita atau istrinya tidak bisa cepat hamil. Agar istri Anda bisa cepat hamil yang perlu Anda lakukan adalah pemeriksaan pada fisik.

Pemeriksaan yang dimaksud meliputi produksi sperma dan jalur keluar dari sperma. Jika kedua pemeriksaan tersebut memang ada gangguan, maka tentunya ini adalah salah satu penyebab istri Anda sulit hamil.

Selain itu, permasalah sperma juga meliputi jumlah sperma yang sedikit dan juga bentuk serta ukuran yang tidak normal.

Berikut beberapa penyebab gangguan fisik pada pria:

  • Varikokel merupakan gangguan karena pelebaran pada pembuluh darah di bagia dalam skrotum.
  • Gangguan (kelainan) saluran sperma. Hal ini bisa disebabkan oleh cedera atau penyakit tertentu, sehingga saluran sperma menjadi rusak.
  • Ada infeksi. Kondisi ini bisa menghambat jalur sperma, yang disebabkan penyakit tuberculosis, tipus, gondong, serta beberapa penyakir menular lainnya seperti sifilis dan gonore.
  • Penyakit Genetik. Cystic fibrosis serta gangguan pada kromosom atau gen termasuk salah satu penyebab infertilitas pria yang membuat istri sulit hamil.
  • Gangguan Hormon. Tingkat hormon yang terlalu tinggi dan juga terlalu rendah bisa juga berpengaruh terhadap infertilitas pria.
  • Hipotiroid. Libido dan kualitas sperma bisa terganggu karena hormon tiroid yang rendah.
  • Hiperprolaktinemia. Tingkat hormon prolaktin yang rendah bisa mempengaruhi hal ini. Jika seorang pria mengalami hal ini maka dia bisa dikategorikan sebagai impotensi.
  • Hipogonadotropik hipopituitarisme. Gangguan yang diakibatkan oleh rendahnya hormon lutenizing dan follicle stimulating dari kelenjar pituari.
  • Hiperplasia adrenal kongenital. Hal ini terjadi jika kelenjar pituitari tertekan karena hormone androgen adrenal meningkat, yang dapat menyebabkan tingkat produksi sperma juga menurun.
  • Panhipopituitarisme. Hormon pertumbuhan tidak berkembang karena pada bagian kelenjar pituitari mengalami kegagalan.

2. Mengecek Gangguan pada Fisik dan Psikologis

Cara lain dalam meningkatkan kesuburan dari pria adalah dengan melakukan pengecekan pada fisik serta mental atau psikologis.

Banyak pasangan yang mendambakan kehamilan dengan cepat, tapi tidak mengetahui masalah yang dapat mempengaruhi kehamilan tersebut.

Berikut ada beberapa masalah gangguan fisik dan psikologis yang harus para pria ketahui agar istri bisa cepat hamil.

1. Impotensi

Pria yang mengalami masalah impotensi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.Salah satunya dari gangguan mental atau psikologisnya.

Berdasarkan beberapa penelitian terbaru, impotensi pada pria ini ternyata lebih disebabkan karena gangguan pada fisik, yang juga tetap diperkuat karena masalah psikologis.

2. Ejakulasi dini

3. Inkompetensi ejakulasi

Agar istri Anda bisa cepat hamil, kesuburan dari masing-masing memang perlu Anda cek. Konsultasikan semua itu dengan dokter yang memang ahli dalam bidang tersebut, agar Anda bisa mendapatkan pencerahan yang lebih baik.

3. Lakukan Pola hidup Sehat

Pola hidup sehat berarti Anda harus bisa menghindari berbagai aktivitas serta makanan yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menempuh hidup sehat agar pasangan atau istri Anda bisa cepat hamil.

1. Perbanyak mengkonsumsi Makanan yang mengandung vitamin C

Salah satu penyebab pria tidak subur adalah karena sperma yang menggumpal sehingga sulit untuk keluar. Penggumpalan dari sperma tersebut ternyata lebih disebabkan karena kurangnya konsumsi vitamin C.

Vitamin C ini tidak hanya membantu dalam mengatasi kemandulan, akan tetapi bisa membuat tubuh Anda menjadi segar. Makanan dengan banyak mengandung vitamin C ini seperti buah mangga, jeruk, tomat, semangka, strawberry, dan berbagai jenis sayuran juga.

Baca juga: Manfaat Asam Folat untuk Kesuburan Pria dan Wanita

2. Melakukan Diet yang Sehat dan Seimbang

Diet sehat dan seimbang di sini adalah makanan yang Anda konsumsi harus mengandung vitamin, selenium, serta zinc.

Makanan dengan kandungan tersebut sangatlah efektif dalam membantu Anda dalam meningkatkan kesuburan. Zinc yang merupakan salah satu zat yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma Anda, salah satunya dari kerang.

Bukan hanya untuk ibu hamil saja, penting juga bagi pria untuk memilih makanan yang mengandung asam folat. Dengan kata lain, salah satu cara meningkatkan kesuburan pria dan wanita adalah dengan makan makanan yang kaya akan asam folat.

3. Hindari Rokok serta Minuman Beralkohol

Kebanyakan pria saat ini lebih suka merokok, karena menurut mereka baru bisa dikatakan pria kalau sudah merokok. Akan tetapi, pada pembungkus rokok tersebut jelas – jelas telah tertulis bahwa bisa menyebabkan impotensi.

Untuk itu agar pasangan Anda bisa cepat hamil sebaiknya Anda hindari merokok, apalagi jika Anda berdua adalah perokok. Untuk wanita sendiri, merokok dapat menyebabkan keguguran dengan tingkat 64%.

Rokok dan alkohol memang kombinasi yang dapat membuat kesuburan Anda berkurang. Jika Anda memang mendambakan istri cepat hamil, maka ada baiknya untuk tidak merokok dan tidak minum minuman yang mengandung alkohol.

4. Olahraga teratur

Dengan berolahraga, maka kondisi fisik dan juga metabolisme dalam tubuh Anda akan tetap terjaga dengan baik.

Dengan kondisi fisik yang terjaga, maka tingkat kesuburan tentunya akan lebih meningkat. Tapi, berolahraga juga tidak perlu terlalu berlebihan, karena ini bisa membuat suhu pada organ vital pria bisa meningkat dan membuat jumlah sperma menjadi berkurang.

Anda cukup melakukan jogging, senam aerobik, serta berenang sebagai pilihan olahraga yang tidak terlalu berlebihan dan berat.

5. Jangan gunakan celana yang ketat

Celana termasuk salah satu pengganggu dalam tingkat kesuburan pria.

Anda jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Apalagi pada malam hari, ada baiknya Anda menggunakan celana yang lebih longgar saja.

Ketika organ vital mendapatkan suhu yang baik dan sejuk, maka bisa membuat kualitas sperma menjadi meningkat.

6. Jangan Stres

Stres bisa datang dari mana saja, entah dari kerjaan kantor atau dari hal lain.

Stres ini merupakan salah satu penyebab menurunnya tingkat kesuburan pria. Maka dari itu, agar pasangan bisa cepat hamil sebaiknya Anda jangan sampai stres.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *