Home Gaya Hidup 4 Cara Merawat Buku

4 Cara Merawat Buku

0
42
Cara Merawat Buku

Sebagai pencinta buku, pastinya Anda punya koleksi buku yang banyak. Agar tak cepat rusak, buku-buku ini juga butuh perawatan. Sebabnya, buku terbuat dari material organik, seperti kayu, kertas, dan kain, yang bisa ditumbuhi jamur yang merusak buku. Namun, tak usah khawatir dengan koleksi buku-buku Anda. Cukup lakukan beberapa cara berikut, koleksi buku Anda bisa terselamatkan dari jamur atau rayap yang merusak.

Cara Merawat Buku Agar Tidak Dimakan Rayap dan Jamuran

1. Bebas lembap

Simpan buku di dalam ruangan yang bebas lembap. Ruangan harus memiliki ventilasi udara yang memadai agar aliran udara bisa berganti setiap harinya. Jika tidak ada pilihan untuk menempatkan buku di dalam ruangan tertutup, nyalakan kipas angin agar udara di sekitar ruangan tetap berganti.

2. Bersih-bersih.

Lakukan pembersihan debu-debu di sekitar buku secara berkala karena jamur bisa melekat di debu kotoran dan tumbuh. Jika sudah ada jamur-jamur yang tumbuh di sekitar buku, gunakan spons untuk membersihkannya. Jangan lupa, pakai masker dan sarung tangan saat membersihkannya. Lalu, jemur buku-buku tersebut di bawah sinar matahari langsung agar spora-spora jamur itu menghilang.

3. Pembersihan yang lebih intens.

Namun, jika koleksi buku Anda sudah ditumbuhi dengan jamur-jamur atau rayap, segera pisahkan buku tersebut dari buku lain yang masih bersih. Bersihkan jamur dan rayapnya dan keringkan di dalam plastik, kemudian taruh buku tersebut di dalam freezer selama satu atau dua hari. Sisa-sisa jamur atau rayap yang membeku bisa dibersihkan dengan kuas lembut.

4. Beri wewangian.

Jika buku-buku sudah bebas dari jamu atau rayap, tetapi masih tetap mengeluarkan bau tak sedap, cobalah trik berikut. Ambil plastik kemasan besar yang cukup menyimpan sejumlah buku, lalu taburkan baking soda di dalamnya hingga ke celah-celah buku. Simpan dalam beberapa jam dan bersihkan debu-debunya. Bau tak sedap pun menghilang! 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here