9 Jus Buah yang Sehat Untuk Ibu Hamil

2 min read

jus buah untuk ibu hamil

Jus Buah untuk Ibu Hamil – Saat Anda hamil maka Anda tentunya perlu untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan dan minuman yang sehat. Tentu makanan dan minuman yang sehat diperoleh dari bahan pilihan yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ibu hamil dan si Kecil itu sendiri.

Saat Anda hamil, memang akan sering mengeluhkan berbagai kondisi yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Hal ini pun biasanya akan berpengaruh terhadap nafsu makan Anda saat hamil. Saat Anda merasakan mual, muntah, dan juga morning sickness karena bau terhadap makanan tertentu, maka kondisi seperti ini terbilang normal. Salah satu pilihannya yaitu jus buah untuk ibu hamil.

9 Jus Buah untuk Ibu Hamil

Jus buah ini bisa Anda olah sendiri di rumah, dengan menggunakan buah-buahan yang cukup mudah dan umum ditemukan di pasaran dan juga supermarket pastinya. Namun pastikan tetap bersih dan steril sebelum diolah.

Untuk para ibu hamil yang memang sedang mencari buah untuk dibuat jus, maka beberapa pilihan buah sehat di bawah ini mungkin bisa cukup membantu Anda.

jus buah untuk ibu hamil

1. Mangga dan Pepaya

Dua buah ini pasti sangatlah mudah ditemukan di sekitar Anda. Pasalnya, 2 buah-buahan ini memang adalah buah yang kadang dijadikan sebagai tanaman pribadi di pekarangan rumah untuk menghiasi halaman. Cara merawat dan mendapatkan bibitnya pun sangatlah mudah, sehingga Anda tidak perlu repot membelikan pupuk dan lain sebagainya untuk merawat tanaman ini. Buah mangga dan pepaya ini bisa Anda olah menjadi jus dimana manfaatnya itu untuk bisa mengatasi peradangan, pembengkakan, serta gangguan pencernaan. Dimana kondisi tersebut yang paling umum terjadi dan dialami oleh Ibu hamil.

2. Alpukat

Alpukat termasuk salah satu buah yang paling sering kita jumpai. Ternyata kandungan buah alpukat sangat sehat untuk ibu hamil. Pasalnya, alpukat mengandung serat yang banyak yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan ibu hamil. Termasuk mengandung karbohidrat dan lemak yang baik untuk menambah energi selama masa kehamilan.

Selain itu pula, kandungan protein yang terdapat di dalam buah alpukat ini bisa membantu dalam melengkapi kebutuhan nutrisi pada harian saat masa kehamilan. Bahkan buah alpukat mengandung potasium, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B yang sangat baik untuk perkembangan si Kecil didalam kandungan.

3. Apel dan saledri

Campuran dari kedua buah ini sangat cocok untuk mengatasi permasalahan atau keluhan pada masa kehamilan. Dimana campuran jus apel dan seledri bisa mengatasi gangguan susah tidur.

Selain itu, jus buah apel dan seledri bisa mengatasi kolesterol yang mengganggu fungsi dari jantung pada ibu hamil.

4. Wortel

Buah ini juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi ibu hamil. Jus wortel bisa menambah energi, mengurangi rasa letih dan lesu, mengurangi kadar gula dalam darah, serta membantu dalam mencegah terjadinya preeklampsia.

Jus wortel ini sangatlah cocok untuk Anda konsumsi saat pagi dan siang hari.

5. Timun

Timun akan memberikan kesegaran pada tubuh Anda, apalagi saat dikonsumsi pada siang hari yang panas. Jus timun juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk mengatasi sakit punggung, gangguan kulit, serta kram pada otot.

Selain itu, pada timun ini terdapat silicat yang bisa membantu ibu hamil dalam menjaga jaringan otot, ligamen, meningkatkan corak kulit, rambut, kuku, serta tulang rawan ibu hamil.

6. Pear

Buah pear memiliki rasa yang enak dan segar, tentu sangat cocok dibuat jus buah untuk membantu ibu hamil ketika mengalami sakit perut yang disebabkan oleh kadar asam yang terlalu berlebihan. Bisa juga buah pear dicampur dengan jeruk nipis dan buah apel agar lebih enak.

7. Bayam

Tidak hanya buah saja yang bisa Anda olah menjadi jus yang sehat untuk dikonsumsi saat hamil. Sayur bayam juga termasuk salah satu jus yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan selama masa hamil. Sayur bayam ini memiliki kandungan vitamin K, C, A, B, asam folat, zat besi, magnesium yang sangat cocok untuk menjaga kehamilan Anda.

Apakah ini juga termasuk jus buah untuk ibu hamil trimester pertama? Tentu tidak masalah, selama itu bukan termasuk pantangan makanan ibu hamil. Namun, penting untuk selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu demi menjaga kesehatan Ibu dan si Kecil.

Nah, itulah beberapa jenis jus yang sehat yang bisa Anda olah sendiri di rumah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda selama hamil dan janin di dalam kandungan. Anda pun bisa menambahkan campuran susu ke dalam jus tersebut untuk memberikan varian rasa yang lebih enak saat dikonsumsi.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa cukup membantu ibu hamil dalam mengatasi setiap masalah yang didapatkan selama menjalani masa hamilnya. Selam sehat selalu yang Bun!

Penulis: Fitri Surhaina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *