4 Makanan Penyebab Jerawat dan Cara Menghindari Jerawatan

  • Whatsapp
makanan penyebab jerawat

Umumnya, jenis makanan yang menjadi penyebab jerawat adalah jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah, dimana nantinya memicu meningkatnya insulin. Apabila insulin dalam tubuh meningkat hal ini dapat memacu suatu hormon yang berfungsi memproduksi minyak (androgens) yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah atau area tubuh yang lain.

Jerawat merupakan penyakit kulit yang biasa muncul pada wajah, punggung, atau dada. Tingkatan jerawat bervariasi yang hanya sekedar komedo biasa sampai dengan tingkatan yang lebih parah berupa bintik-bintik kecil berisi kista dan nanah.

Biasanya penyebab jerawat adalah karena perubahan hormon dalam tubuh, tetapi ada juga sebagian makanan yang bisa memicu penyebab munculnya jerawat.

Jenis Makanan Penyebab Jerawat di Wajah

1. Keripik Kentang

Keripik termasuk jenis makanan yang mempunyai indeks glikemik yang tinggi yang bisa memicu Meningkatnya kadar insulin dan juga glukosa dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi selain keripik kentang adalah roti dan kentang goreng. Makanan ini sebaiknya kamu hindari untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Kue dan Soda

Makanan yang mempunyai kandungan gula tinggi, seperti kue manis, soda dan juga jus buah yang dicampur dengan susu dan gula bisa menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi bisa memicu tingginya insulin dan menimbulkan jerawat.

3. Cabai

Bagi kamu yang hobi makanan pedas, sebaiknya segera mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan pedas tersebut, karena ternyata cabai juga bisa memicu timbulnya jerawat.

4. Makanan Olahan Susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya walaupun mengandung kalsium yang tinggi, tetapi ternyata bisa menyebabkan timbulnya jerawat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hormon yang terkandung didalamnya ternyata bisa menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang dan kemudian hal ini bisa menimbulkan jerawat.

Selain 4 jenis maknan diatas beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat adalah hormon tubuh, stres, serta mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Cara Sehat Menghindari Jerawatan

1. Dimulai dengan Menjaga Makanan

Makanan adalah merupakan faktor penting bagi kesehatan tubuh dan sangat bergantung dari apa yang kamu makan sehari hari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memulai pola makan yang sehat.

Makanan yang baik dikonsumsi untuk menghindari timbulnya jerawat salah satunya adalah kacang. Meskipun banyak mitos yang beredar bahwa kacang sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Perlu Kamu ketahui bahwa kacang kaya dengan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi inflamasi disekitar kelenjar minyak.

Selain kacang, kamu juga bisa mengkonsumsi ikan agar terhindar dari jerawat.

2. Pola Hidup Sehat

Dengan kamu menjalani pola hidup sehat, sudah tentu hal ini sangat berguna untuk kesehatan organ tubuh.

Sama juga halnya dengan jerawat. Tidurlah yang cukup jangan terlalu larut malam dan rutin berolahraga setiap hari, apabila hal ini dilakukan secara baik dan konsisten bisa membantu mengurangi timbulnya jerawat.

Jika sebelumnya terbiasa tidur larut malam, maka mulai saat ini cobalah untuk tidur lebih awal. Pasalnya ketika kekurangan tidur, akan mempengaruhi peningkatan stress sebanyak 15% tiap jam.

Nah, ketika stres meningkat, tentu akan memicu glukokorticoid, dimana bisa merusak struktur dan fungsi kulit.

Selain itu, anda perlu juga untuk olahraga secara rutin, bisa olahraga di rumah atau diluar rumah. Karena dengan rutin olahraga, tubuh kamu akan tetap bugar sekaligus mengurangi timbulnya stres.

Baca juga: 6 Penyebab Mata Panda Pada Wanita

3. Jaga Kebersihan Kulit

Bila kamu ingin terhindar dari jerawat, hal yang wajib kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kulit.

Mulai sekarang, biasakan untuk mencuci muka minimal sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam hari. Karena kotoran debu, keringat, dan kosmetik yang menempel pada wajah kamu selama seharian penuh bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, yang mana hal ini bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Kondisi tubuh yang sehat dan terjaga dengan baik, bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja, akan tetapi juga padapenampilan kamu. Oleh sebab itu jalanilah pola hidu dan makan yang sehat, dengan menghindari makanan-makanan yang bisa jadi pemicu timbulnya jerawat.

Disamping beberapa hal yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya kamu juga minum air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari, agar kulit kamu terhidrasi dengan baik dan tubuh akan menjadi bugar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *