13 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 1 Bulan

  • Whatsapp
makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan

Ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan alias hamil muda. Hal ini penting mengingat masa kehamilan di usia 1 bulan sangat rentan karena pembentukan janin sedang tumbuh dan berkembang.

Ibu hamil memang diharuskan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi untuk tubuhnya dan janin di dalam kandungan melalui makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, pemilihan jenis makanan yang sehat, tentunya haruslah dipahami oleh ibu hamil, khususnya untuk ibu hamil muda (1 bulan). Agar tubuhnya serta janin di dalam kandungan bisa sehat dan aman.

Berikut Bibia sudah menyiapkan informasi mengenai 13 makanan yang dilarang untuk ibu hamil muda usia 1 bulan.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 1 Bulan

1. Buah anggur

Buah anggur memang pada dasarnya memiliki kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil. Akan tetapi, untuk ibu hamil dengan usia kehamilan 1 bulan sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah anggur ini. Karena, buah anggur bersifat panas yang bisa mempengaruhi tubuh ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan.

Kondisi tersebut bisa memperparah morning sickness ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Ikan laut tertentu

Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi ibu hamil itu berbeda-beda tiap fase kehamilan, dan hanya yang mengandung omega-3 dan 6 saja yang boleh. Ikan laut yang berasal dari daerah kotor atau berpolusi tidak boleh dikonsumsi, karena bisa berbahaya bagi janin di dalam kandungan.

Jenis ikan yang sebaiknya Anda hindari saat hamil 1 bulan, yaitu ikan hiu, ikan pedang, tenggiri, serta ikan pari.

3. Makanan mentah atau setengah matang

Jenis makanan mentah itu seperti sushi yang memang saat ini lagi marak diperjual belikan, bahkan sampai membuka restoran sushi adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Karena, makanan mentah tersebut diindikasikan tidak steril, yang memungkinkan bakteri toxoplasma masih ada pada makanan tersebut.

Begitu pula dengan makanan yang masih setengah matang, seperti daging atau lainnya.

4. Yang memiliki kandungan kafein

Makanan dengan kandungan seperti ini bisa meningkatkan resiko sakit jantung, dan juga tekanan darah tinggi. Kalau sampai dikonsumsi terus menerus dan terlalu banyak, maka resiko keguguran atau prematur pun bisa meningkat.

Jenis minuman yang memiliki kandungan kafein tinggi tersebut antara lain, adalah teh, coklat, soda, kopi, dan minuman berenergi lainnya.

5. Buang nangka

Sebenarnya untuk yang satu ini memang belum ada bukti medis yang menyatakan bahwa nangka penyebab keguguran. Namun, buah nangka ini banyak dipercaya menjadi makanan terlarang saat hamil.

Buah nangka memang bisa menimbulkan gas yang membuat lambung terasa tidak nyaman. Maka dari itu, yang masih mengalami morning sickness sebaiknya jangan mengkonsumsi nangka.

6. Makanan dengan kandungan lemak trans

Lemak trans ini adalah lemak yang dibentuk dari pemadatan minyak nabati. Hal ini akan membentuk kolesterol buruk di dalam tubuh, dan juga bisa membuat janin tidak bisa berkembang atau pun lahir dengan bobot yang kurang.

Jenis makanan yang memiliki kandungan lemak trans antara lain, seperti fast food, nugget, makanan instant, kentang goreng, roti komersil, margarin, dan juga gorengan.

7. Buah nanas

Buah selanjutnya yang dilarang untuk ibu hamil muda atau 1 bulan itu adalah nanas. Buah ini mengandung enzim bromelin yang bisa membuat dinding rahim melunak. Sehingga, resiko keguguran atau kelahiran prematur bisa lebih besar.

Baca juga: 9 Jus Buah untuk Ibu Hamil

8. Kerang

Makanan laut atau seafood yang paling banyak menyebabkan keracunan itu adalah kerang. Karena, memang kerang merupakan hewan yang paling mudah menyerap kondisi lingkungan sekitarnya, sehingga jumlah parasit di dalam kerang lebih banyak dari seafood lainnya.

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya menghindari jenis makanan laut yang satu ini.

9. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis kemasan dan slice meat, yang biasanya terdapat di dalam makanan fast food seperti burger dan hot dog harus dihindari juga oleh ibu hamil. Karena, kemungkinan daging tersebut tidak dimasak dengan sempurna (matang).

10. Sayur dan buah yang tidak dicuci

Walaupun kedua makanan ini adalah makanan alami, tapi sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya dicuci sampai benar-benar bersih terlebih dahulu.

11. Alkohol

Makanan atau minuman dengan kandungan alkohol tentunya sangat dilarang untuk ibu hamil, bahkan untuk semua manusia. Alkohol ini bisa membuat penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi buruk, sehingga nutrisi untuk ibu hamil dan janin akan berkurang.

12. Makanan pedas

Makanan yang berasa pedas pun sebaiknya dikurangi atau hindari dulu saat hamil muda. Makanan pedas ini bisa membuat asam lambung meningkat, sehingga resiko morning sickness meningkat.

13. Buah durian

Jenis buah selanjutnya yang sebaiknya dihindari saat hamil muda adalah buah durian. Karena, di dalam buah durian ini juga memiliki kandungan alkohol alami, yang resikonya itu bisa seperti yang telah kami jelaskan pada poin 11 di atas.

Nah, itulah 13 jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil muda.

Selain itu, ada lagi beberapa jenis makanan dan minuman yang kurang higienis dan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, seperti keju requefort, keju danish blue, keju brie, keju camembert, susu yang tidak melalui proses pasteurisasi, tauge mentah, pepaya muda, pare, tape, serta lalapan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *