6 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

  • Whatsapp
makanan yang mengandung asam folat

Bukan hanya untuk kesuburan saja, asam folat juga sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika masa kehamilan. Salah satu caranya dengan memilih makanan yang mengandung asam folat tinggi terutama dari jenis tepung dan hewani.

Sebelumnya, kami sudah membahas manfaat asam folat untuk kesuburan dan ibu hamil. Silahkan dibaca terlebih dahulu khususnya bagi pasangan yang baru saja menikah.

Lantas, kenapa asam folat masih harus tetap dikonsumsi selama menjalani masa hamil? Hal ini tidak lain untuk menghindari beberapa resiko pada janin dan juga ibu hamil itu sendiri.

Sebenarnya sudah banyak sekali suplemen asam folat yang mudah untuk Anda dapatkan. Akan tetapi, sebaiknya Anda konsumsi asam folat yang bersumber dari berbagai menu makanan harian.

Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Bibia sudah menyiapkan beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil. Bahkan kami bagi dalam 2 jenis makanan yaitu makanan jenis tepung-tepungan dan juga hewani.

Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil ini sudah kami siapkan, dan kami bagi juga dalam 2 jenis, yaitu untuk makanan jenis tepung-tepungan dan juga hewani seperti di bawah ini.

Makanan jenis tepung dengan kandungan asam folat

Makanan yang jenis tepung ini meliputi keluarga umbi-umbian dan juga biji-bijian. Nah, untuk daftar makanan jenis ini ada 3, yaitu sebagai berikut:

1. Kentang

Pada jenis makanan pertama yang termasuk dalam makanan bertepung ini adalah kentang.

Kentang merupakan makanan yang cukup mudah untuk ditemukan sekaligus kaya akan berbagai macam nutrisi dan gizi seperti, protein, vitamin B6, asam folat, vitamin C, Vitamin B1, Magnesium, potasium, seng dan juga karbohidrat.

Jadi tak heran jika banyak yang menjadikan kentang sebagai makanan pengganti untuk para penderita diabetes.

Vitamin B6 yang terkandung di dalam kentang ini bisa mendukung proses pembentukan sel-sel darah merah, membentuk sistem kekebalan tubuh dan juga memperlancar proses metabolisme lemak.

Selain itu, bagi ibu hamil yang juga memiliki masalah asam lambung atau penyakit maag kronis, maka kentang sangat cocok untuk mengobati penyakit tersebut.

Untuk ibu hamil, disarankan untuk merebus kentang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

2. Ubi Jalar

Makanan berjenis tepung selanjutnya ini adalah ubi jalar, yang mana jenis makanan yang satu ini cukup banyak dan juga mudah ditemukan di Indonesia.

Ubi jalar ini biasanya memiliki warna yang berbeda-beda mulai dari kuning, ungu, dan juga putih. Selain manis, lezat, dan bikin kenyang, ubi jalar juga sangat kaya akan nutrisi dan juga mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan karbohidrat di dalam ubi jalar bisa sebagai pengganti nasi, jadi tak heran jika bikin kenyang. Apalagi untuk kandungan asam folat yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Ubi jalar juga memiliki kandungan penting berupa vitamin A, vitamin C, vitamin D, magnesium, dan juga potasium. Ubi jalar ini adalah salah satu makanan yang bisa mencegah berbagai penyakit seperti tekanan darah, diabetes, jantung, kesehatan tulang serta beberapa gangguan pencernaan lainnya.

3. Roti Gandum

Bahan makanan dari jenis tepung yang selanjutnya yaitu roti dari gandum.

Roti yang terbuat dari tepung gandum biasanya memiliki rasa yang cukup tawar. Pada roti gandum yang murni, di dalamnya itu terdapat kandungan vitamin B yang kompleks.

Jenis-jenis vitamin B yang banyak ditemukan di dalam roti gandum adalah thiamin, niacin, riboflavin, serta asam folat yang pastinya berguna untuk para ibu hamil.

Pada jenis vitamin B ini tentunya memiliki manfaat yang baik dalam memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh. Termasuk kandungan asam folat yang sangat berperan untuk mencegah cacat pada janin.

Selain itu, mengkonsumsi roti gandum juga bisa mengatasi morning sickness yang berat atau mual muntah yang parah pada ibu hamil.

Itulah beberapa daftar makanan yang merupakan jenis tepung-tepungan dengan kandungan asam folat tinggi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga: 8 Buah yang Mengandung Asam Folat

Makanan hewani dengan kandungan asam folat

Ada juga makanan hewani (daging-dagingan) yang juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Jenis makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Ikan Salmon

Untuk yang pertama ini berasal dari ikan, khususnya untuk ikan salmon.

Ikan salmon memang termasuk ikan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Pasalnya, ikan ini memiliki beberapa kandungan vitamin B seperti tiamin dan juga niasin.

Selain itu, di dalam ikan salmon terdapat pula kandungan fosfor, protein, dan juga selenium.

Kandungan asam folat di dalam ikan salmon bisa memenuhi kebutuhan ibu hamil sebesar 87 mcg. Asam folat tersebut sangat berguna untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Kebanyakan ikan salmon disajikan dalam bentuk mentah atau lebih dikenal sebagai sushi. Maka dari itu, jika ibu hamil ingin mengkonsumsi ikan salmon, pastikan untuk memasak terlebih dahulu sampai benar-benar matang.

Ditakutkan ikan salmon yang mentah masih mengandung bakteri serta kuman yang banyak sehingga berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Apalagi sushi termasuk salah satu pantangan makanan ibu hamil yang tentu tidak sehat untuk janin.

2. Hati Ayam

Hati ayam juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Dengan mengkonsumsinya, tentu bisa membantu dalam memberikan nutrisi untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Asam folat tersebut bisa memberikan dorongan dalam pembentukan sel-sel baru untuk janin, sekaligus mencegah anemia pada ibu hamil. Jumlah cadangan asam folat di dalam hati ayam ini pun cukup banyak, sehingga sangat cocok juga untuk dikonsumsi untuk para wanita yang sedang dalam program hamil.

Di dalam 100 gram hati ayam terdapat 578 mcg asam folat.

3. Kuning Telur

Telur termasuk dalam daftar makanan yang juga cukup mudah untuk ditemukan di tanah air. Bahkan, bisa dikatakan setiap rumah tangga sudah menyimpan telur untuk bahan makanan harian atau pun pembuatan kue.

Menariknya, bagian telur yang menyimpan kandungan asam folat tinggi itu hanya terdapat pada kuning telur saja.

Itulah beberapa daftar makanan dari kacang-kacangan dan juga hewani dengan kandungan asam folat yang bisa memenuhi kebutuhan ibu hamil setiap harinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *