6 Manfaat Asam Folat untuk Kesuburan dan Ibu Hamil

4 min read

manfaat asam folat bumil

Manfaat asam folat – Keinginan terbesar dari pasangan yang baru menikah adalah kehadiran bayi pertamanya. Namun, kenyataannya tidak mudah alias tidak hanya berhubungan intim saja.

Banyak dari pasang suami istri gagal mendapatkan kehamilan bukan karena mereka tidak mampu. Tapi, lebih kepada kurangnya pengetahuan tentang program kehamilan. Untuk itu, pentingnya konsultasi dan juga membaca artikel seputar kehamilan supaya promil bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjalankan program kehamilan tersebut adalah, Anda harus mengetahui tingkat kesuburan masing-masing. Jika salah satu dari Anda ada yang tidak subur, maka program kehamilan Anda pasti akan sedikit tertunda.

Beberapa penelitian telah dilakukan tentang masa hamil setelah pernikahan. Misalnya, untuk pasangan suami istri yang telah melangsungkan pernikahan di tahun pertama 85% berhasil hamil dan mendapatkan momongan. Selanjutnya yaitu 92% akan hamil pada tahun keduanya.

Masalah kesuburan ini tidak dapat dilihat dari fisik yang sehat atau bugar. Anda akan dikatakan tidak subur jika Anda memiliki kriteria seperti berikut:

Tidak hamil dalam satu tahun setelah berhubungan seksual dengan teratur yaitu 2-3 kali seminggu, tanpa menggunakan alat atau obat kontrasepsi.

Proses pembuahan yang Anda lakukan mungkin sudah benar, namun yang mempengaruhi pembuahan tersebut adalah masalah infertilitas (tidak subur).

Masalah tersebut biasanya dipengaruhi karena kurangnya konsumsi vitamin B9 yang ada dalam tubuh Anda.

Untuk saat ini sudah ada vitamin atau suplemen yang bisa menambah kesuburan, yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita untuk meningkatkan kesuburannya. Vitamin atau suplemen tersebut biasa biasa disebut dengan Folid Acid atau Asam Folat.

manfaat asam folat promil

Lantas, dimanakah Saya bisa mendapatkan asam folat?

Sebenarnya Asam Folat atau vitamin B9 bisa didapatkan dengan mudah dari berbagai makanan sehari-hari seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan juga dari hewan. Bahkan ada beberapa buah yang mengandung asam folat seperti pepaya, alpukat, dan tomat.

Jika Anda tidak ingin repot, maka Anda bisa membeli suplemen atau vitaminnya secara langsung yang mengadung asam folat tersebut.

Asam Folat ini memiliki berbagai manfaat untuk kesuburan, baik untuk pria maupun wanita yang ingin mendapatkan momongan. Studi tentang manfaat asam folat untuk kesuburan ini telah banyak dilakukan dari berbagai pakar kesehatan dan reproduksi dalam negeri dan juga luar negeri.

Manfaat Asam Folat untuk Promil

1. Manfaat untuk Wanita

Untuk menjalankan program kehamilan, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksakan kesehatan Anda terlebih dahulu.

Meskipun dari dokter sendiri mengatakan Anda memiliki kesehatan yang baik, tapi ternyata program kehamilan Anda tidak berhasil, semua itu sebenarnya tergantung dari tingkat kesuburan Anda.

Maka asam folat diperlukan untuk membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Ada juga wanita subur dan cepat hamil, tapi juga sering mengalami keguguran. Maka dari itu, fungsi lain dari asam folat yaitu untuk memperkuat sel telur dengan menjaga kesehatan dinding rahim agar mengurangi resiko keguguran tersebut.

Mulailah konsumsi asam folat sesuai anjuran dokter, maka Anda memiliki peluang besar untuk cepat hamil yang tentu juga harus diiringi dengan usaha dan doa.

Selain itu, asam folat juga bisa mengurangi peluang bayi Anda lahir dalam keadaan cacat. Jumlah takaran konsumsi vitamin asam folat untuk wanita setiap hari adalah sebagai berikut :

  • 400 mcg untuk yang ingin cepat hamil
  • 400 mcg untuk masa hamil 3 bulan (untuk memperkuat sel telur)
  • 600 mcg untuk masa hamil 4 hingga 9 bulan (untuk memperkuat sel telur)

Jangan lupa untuk tetap konsultasi dengan dokter supaya lebih terarah.

Baca juga: 3 Cara Menghitung Masa Subur Wanita

2. Manfaat untuk Pria

Masalah kesuburan pria biasanya dipengaruhi dari kualitas sperma. Hal ini karena kurangnya mengkonsumsi asat folat pada saat menjalan program kehamilan bersama pasangan.

Kualitas dari sperma seorang pria sangatlah menentukan kehamilan wanita. Sperma dengan kualitas buruk (rusak) memiliki kemungkinan besar akan cacat jika berhasil melakukan pembuahan.

Makanya bagi Anda para calon ayah, sebaiknya sangat memperhatikan hal ini jika ingin mendapatkan bayi yang sehat. Karena, sperma pria sangat berpengaruh terhadap DNA bayi nantinya.

Dengan kata lain, mengkonsumsi asam folat yang baik atau seimbang akan menghasilkan sperma yang berkualitas baik juga.

Untuk para pria, konsumsi asam folat harus lebih banyak dibandingkan wanita. Dosis normal asam folat yang harus dikonsumsi seorang pria adalah antara 700 mcg dan 1000 mcg tiap harinya.

Oya, selain untuk kesuburan, ternyata ada penelitian bahwa pria yang kekurangan asam folat ini besar kemungkinannya akan menyebabkan penyakit Alzheimer.

Baca juga: 6 Tanda Hamil 1 Bulan yang Pasti Dialami

Untuk wanita, sebaiknya hindari merokok atau asap dari rokok tersebut. Kemudian, lakukan hubungan suami istri setidaknya 3 kali dalam seminggu dalam masa subur. Untuk program hamil selanjutnya, jika ingin cepat mendapatkan momongan berusaha dengan giat, dan jangan lupa berdoa.

Kegunaan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Selain untuk kesuburan, penting juga bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan. Kegunaan utama asat polat sangat penting untuk tumbuh kembang janin.

1. Mencegah Keguguran

Keguguran menjadi momok menakutkan bagi setiap Ibu hamil, namun dengan mengkonsumsi asam folat momok ini bisa dihindari. Menurut penelitian sejumlah pakar mengkonsumsi asam folat setiap hari terbukti sangat ampuh untuk mencegah terjadinya keguguran selama kehamilan yang tentu saja dapat menenangkan Anda menjalani kehamilan.

2. Membantu Perkembangan Otak

Otak adalah organ yang sangat penting, dan asam folat selama kehamilan adalah asupan yang tidak hanya membantu tapi juga mendukung perkembangan dan kesehatan otak pada janin yang Anda kandung.

Tidak hanya itu, asam folat juga berguna untuk memproduksi eritrosit yang merupakan penunjang pembentukan otak dan proses pembentukan tulang belakang. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencegah terjadinya kelainan otak dan tulang belakang pada calon buah hati Anda.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Asam folat atau yang juga biasa disebut vitamin B9 benar-benar menjadi asupan yang sangat super. Selain sangat berguna untuk pertumbuhan, perkembangan hingga kesehatan otak dan tulang belakang janin, asam folat juga berguna untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Bahkan tidak hanya pada janin tapi juga pada sang Ibu.

4. Menunjang Perkembangan Buah Hati

Selama berada dalam kandungan, janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat beragam sampai akhirnya si Kecil lahir ke dunia.

Dari semua tumbuh kembang janin yang Anda kandung, asam folat pun punya kegunaan di setiap pertumbuhannya. Ya, asam folat tidak hanya bermanfaat pada pertumbuhan otak dan tulang belakang janin tapi juga pada semua pertumbuhannya, seperti tangan, kaki, kepala hingga organ-organ tubuh di dalamnya.

Tidak hanya itu, kegunaan asam folat juga sangat bermanfaat dalam proses pembentukan jaringan tubuh selama berada dalam kandungan. Bahkan, menurut hasil penelitian sejumlah pakar cepat atau lambatnya pembentukan jaringan pada janin juga cukup dipengaruhi oleh asupan asam folat yang dikonsumsi sang Ibu.

5. Meningkatkan Sel Darah Merah

Asam folat benar-benar menjadi kandungan yang super, bagaimana tidak selain sangat bermanfaat pada tumbuh kembang janin, kegunaan asam folat untuk kehamilan juga memberikan dampak yang menyehatkan bagi tubuh ibu hamil.

Asam folat sangat berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang bermanfaat untuk mencegah penyakit menyerang Ibu hamil, anemia, kelelahan dan keletihan yang menjadi pantangan bagi Ibu hamil.

6. Menyehatkan Psikis

Ibu hamil sebenarnya cukup rentan dengan masalah psikis, seperti mudah panic tertekan, cemas berlebih, stres bahkan depresi. Dan satu lagi kegunaan vitamin B9 yaitu untuk mencegah semua masalah psikis yang dialami oleh Ibu hamil.

Sebenarnya Anda bisa mendapatkan asupan asam folat dengan mudah dari obat-obatan suplemen atau vitamin. Namun, lebih baik konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti biji-bijian atau makanan hewani.

Seberapa banyak kebutuhan asam folat selama kehamilan? Para pakar membagi kedalam beberapa poin sesuai dengan masa kehamilan.

Bagi Anda yang ingin hamil, maka para pakar menganjurkan agar Anda mengkonsumsi setidaknya 400mcg asam folat setiap harinya, hal ini pun berlaku bagi Anda yang sudah memasuki bulan ketiga kehamilan yaitu memenuhi asupan 400mcg asam folat setiap hari.

Sedangkan bagi Anda yang sudah memasuki 4 sampai 9 bulan kehamilan, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi 600mcg asam folat setiap hari. Dan untuk Anda yang sedang menyusui Anda disarankan untuk memenuhi asupan asam folat sebanyak 500mcg setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *