10 Manfaat Pilates Untuk Wanita dan Pria

  • Whatsapp
manfaat pilates untuk wanita

Karena olahraga sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap sehat, maka tak heran beragam jenis olahraga bermunculan satu demi satu, misalnya saja pilates. Sebenarnya olahraga yang hampir mirip dengan yoga ini bukanlah sesuatu yang baru lagi, tapi hingga kini pilates masih dilakukan banyak orang. Tidak hanya meningkatkan fleksibilitas, manfaat pilates juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, dan pastinya membantu menurunkan berat badan.

Pada dasarnya latihan pilates terdiri dari beberapa gerakan yang fokus utamanya pada bagian perut, punggung dan paha. Metode yang dilakukan untuk melakukan latihan ini adalah gerakan ketahanan, kekuatan otot dan juga latihan fleksibilitas yang bersifat low impact.

Sebenarnya senam pilates ini bisa dilakukan oleh semua orang, hanya saja pilates paling banyak dilakukan oleh wanita yang ingin menginginkan tubuh lebih kencang.

Latihan pilates merupakan senam yang mengandalkan pernafasan dan berfokus untuk pembentukan tubuh. Tidak seperti olahraga lain yang mungkin sedikit sulit, pilates adalah latihan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Dengan kata lain, hampir tidak ada efek samping pilates yang ditimbulkan ketika melakukan latihan ini. Karena gerakannya yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, maka untuk mendapatkan manfaat pilates jadi tidak sulit lagi.

Manfaat Pilates untuk Wanita dan Pria

Latihan pilates paling banyak digemari oleh wanita, karena tujuan utamanya yang dapat membentuk tubuh agar lebih ideal.

Meskipun orang hanya tahu manfaat senam pilates untuk wanita saja, namun nyatanya juga bermanfaat bagi para pria dan remaja. Buktinya sampai saat ini masih banyak pria yang melakukan senam pilates.

manfaat pilates untuk pria dan wanita

Berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan ketika melakukan latihan pilates secara rutin.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Memang semua olahraga pasti bermanfaat buat kesehatan tulang, tapi pilates adalah bentuk latihan kebugaran yang memang bermanfaat khusus buat kepadatan tulang. Selain membangun kepadatan ulang, senam pilates juga bermanfaat sebagai pembentukan tulang.

Seperti yang dikatakan oleh Elizabeth Ordway, pendiri Movement Studio LA dan instruktur Pilates mengatakan bahwa “otot dan tulang merespons latihan perlawanan serta menahan beban ketika melakukan pilates. Hal itu dikarenakan ketika melakukan latihan pilates, otot-otot akan menarik tulang sehingga menciptakan ketegangan yang memperkuat tulang.”

2. Membakar Kalori

Karena gerakan pilates untuk memperbaiki postur tubuh, jadi kalori yang terbakar tidak sebanyak ketika berlari. Meskipun begitu, tetap saja pilates dapat menghancurkan kalori dalam tubuh.

Seperti yang dilihat pada penelitian dari IDEA Health and Fitness Association yang mengatakan bahwa ” Seseorang dapat membakar 4 kalori / menit di kelas pilates pemula, 6 kalori / menit di kelas menengah dan 7,5 kalori / menit di kelas lanjutan.

Dengan kata lain, manfaat lain dari pilates yaitu untuk program diet, karena dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

Baca juga: 6 Prinsip Diet Ibu Hamil yang Obesitas

3. Meningkatkan Keseimbangan

Karena latihan pirates berfokus pada kekuatan otot di bagian perut, maka akan sangat membantu Anda meningkatkan keseimbangan. Hal itu dikarenakan otot perut yang kuat mampu meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Bahkan banyak atlet yang melakukan senam pilates sebelum bertanding.

Selain itu atlet melakukan pilates sebelum bertanding karena fungsi pilates yang juga dapat meningkatkan fleksibilitas sehingga dapat mengurangi risiko cedera. Dan juga senam pilates memberikan kesadaran bagi tubuh agar dapat menciptakan pola gerakan yang efisien, dengan begitu stres pada sendi, otot, tendon, dan ligamen jadi lebih berkurang.

4. Meningkatkan Energi

Ketika melakukan latihan pilates tubuh, suplai oksigen di dalam tubuh menjadi meningkat. Ketika oksigen di dalam tubuh meningkat maka energi dalam tubuh pun ikut meningkat secara signifikan.

5. Membentuk Postur Tubuh

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti memandang ke bawah pada smartphone atau berada di depan laptop setiap hari membuat bahu menjadi bungkuk dan merusak postur tubuh. Nah di sini manfaat gerakan pilates untuk memperbaiki postur tubuh Anda agar menjadi lebih baik dengan menciptakan simetri dan keseimbangan otot.

Senam pilates membuat Anda melatih satu otot tertentu saja pada suatu waktu, membangun kekuatan yang hilang dan menciptakan keseimbangan tubuh. Ketika Anda rutin melakukan senam pilates, maka Anda dapat bebas bergerak menjalani aktivitas sehari-hari tanpa rasa sakit dan menjadi lebih percaya diri karena memiliki postur tubuh yang lebih baik.

6. Mengurangi Stres

Sedang stres karena hiruk pikuknya pekerjaan? Tenangkan diri Anda dengan melakukan senam pilates, karena manfaat terbesar dalam senam pilates adalah “prinsip nafas”. Ketika Anda berfokus menghubungkan nafas kepada gerakan Anda, maka sistem saraf pusat turun untuk memberikan efek rileks dan menenangkan.

7. Mengatasi Insomnia

Berhubungan dengan manfaat pilates yang dapat menghilangkan stres, tidur juga menjadi lebih baik ketika stres berkurang. Dalam sebuah studi  November 2012 di Journal of Bodywork and Movement Therapies mengatakan bahwa “orang yang tidak banyak bergerak sebelumnya, dan berlatih dua kali seminggu selama 12 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur.”

Itu dikarenakan senam pilates membantu atau memberikan sugesti kepada Anda agar fokus pada masa kini dan tidak terlalu merenungkan pemicu stress di masa lampau dan masa yang akan datang.

8. Meredakan Sakit Punggung

Karena senam pilates berfokus pada bagian otot punggung, maka orang yang rutin latihan pilates dapat mencegah dan meredakan sakit punggung. Pilates mengajarkan keselarasan yang tepat serta memberikan efek peregangan yang lembut pada otot punggung yang kencang atau tegang. Gerakan senam pilates yang khusus untuk memperkuat tulang belakang yaitu oll-up dan swan prep.

9. Meningkatkan Kekuatan Otot Perut

Otot perut adalah bagian tubuh yang paling inti dilatih saat melakukan senam pilates. Ketika otot bagian tengah perut meningkat, maka tubuh juga ikut meningkatkan keseimbangan, kekuatan postur tubuh khususnya pada bagian perut.

10. Melatih Fokus

Dikatakan dapat melatih fokus karena setiap gerakan pada latihan pilates membutuhkan konsentrasi tinggi. Senam pilates merupakan salah satu olahraga yang fokus utamanya ada pada harmonisasi pengendalian pikiran, nafas, dan tubuh sehingga membuat anda jadi lebih mudah fokus di setiap gerakan yang dilakukan.

Baca juga: 10 Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Bahkan pada sebuah penelitian di China menemukan manfaat pilates dapat meningkatkan daya puncak alpha otak, saraf jaringan, kinerja memori dan juga fungsi kognitif. Terkhusus buat Anda yang sudah bekerja atau mungkin masih di bangku pendidikan, seringlah melakukan senam pilates agar lebih mudah fokus pada pekerjaan dan pendidikan Anda.

Selain itu, pilates juga menjadi salah satu olahraga ibu hamil karena tidak terlalu berat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

Dengan melakukan pilates secara rutin, tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Namun, jangan hanya berfokus pada latihan ini lantas pola makan yang sehat Anda abaikan.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, pastinya membutuhkan olahraga dan pola makan yang seimbang dan bernutrisi.

Selain itu, yang paling penting juga berolahragalah yang sewajarnya. Perlu di ingat bahwa olahraga yang terlalu sering bukan berarti hasilnya dapat diperoleh dengan cepat, justru olahraga yang berlebihan lebih rentan terkena risiko cedera. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *