5 Manfaat Treadmill Selama 30 menit Setiap Hari

2 min read

manfaat treadmill

Olahraga adalah sesuatu yang penting dilakukan karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, salah satunya olahraga menggunakan treadmill. Tidak perlu latihan yang lama alias hanya 30 menit rutin tiap hari, maka sudah lumayan cukup untuk mendapatkan berbagai manfaat treadmill bagi kesehatan Anda.

Kita harus sepakat bahwa tubuh yang jarang olahraga tentu akan lebih mudah kelelahan dan lebih rentang terserang berbagai macam penyakit. Berbeda dengan orang sering olahraga, tubuh mereka akan terasa bugar karena organ tubuh menjadi kuat dan terlatih.

Semua orang tahu kalau olahraga memang memiliki manfaat yang sangat banyak. Nah, salah satu alat yang bisa anda gunakan untuk olahraga yaitu treadmill. Treadmill merupakan salah satu alat olahraga yang bisa digunakan di dalam rumah. Alat ini bekerja dengan mesin sehingga anda bisa berolahraga dengan nyaman dan praktis.

Sejarah Treadmill

Sebelum adanya mesin, alat ini digunakan untuk menggiling tepung. Dimana seseorang harus berjalan pada alat tersebut untuk menggerakkan mesin penggilingan tepung.

Seiiring berjalannya waktu, ditemukan alat canggih dan modern yaitu treadmill yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Fungsi alat treadmill bukan lagi untuk menggiling tepung, namun sudah menjadi sebagai alat untuk berolahraga yang nyaman dan fleksibel.

Lantas, apa saja manfaat treadmill 30 menit setiap hari tersebut? Yuk simak berikut ini.

5 Manfaat Treadmill 30 Menit Setiap Hari

manfaat treadmill

1. Mampu Membantu Membentuk Tubuh

Apakah ada manfaat treadmill untuk perut buncit? Tentu ada, alat ini sangat cocok untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan melakukan olahraga memakai alat treadmill, maka Anda bisa membakar kalori sehingga berat badan dapat diturunkan dan tidak buncit lagi.

Pada alat treadmill modern terdapat banyak fitur seperti jarak tempuh, fitur pengatur kecepatan, penghitung detak jantung, penghitung kalori dan lain sebagainya. Alat ini sangat membantu seseorang yang tidak sempat melakukan olahraga di luar rumah karena bisa di simpan di dalam ruangan.

2. Menguatkan Tulang

Manfaat treadmill yang berikutnya yaitu mampu membantu untuk memperkuat tulang dan juga kesehatan sendi serta otot. Ketika melakukan lari di atas alat treadmill maka tubuh akan menahan beban secara alami dan hal ini melatih tubuh untuk semakin kuat setiap harinya.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat lain dari treadmill yaitu untuk kesehatan jantung. Dimana olahraga seperti jogging atau treadmill sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah.

Melakukan olahraga treadmill secara rutin bisa membuat otot jantung semakin kuat sehingga akan terhindar dari penyakit jantung. Pasalnya ketika seseorang berjalan atau berlari pada treadmill, maka jantung akan memompa dengan cepat sekaligus membuat otot jantung semakin terlatih.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa jalan kaki atau berlari kecil sangat efektif membantu menguatkan dan menyehatkan jantung. Jadi jangan malas berolahraga ya jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung.

4. Membantu Melepaskan Stres

Perlu untuk Anda ketahui bahwa olahraga treadmill juga sangat efektif untuk membantu melepaskan stres. Ketika Anda berlari-lari kecil sembari mendengarkan musik maka tubuh akan terasa rileks. Kalori yang terbakar dan keringat yang keluar juga mengindikasikan bahwa racun di dalam tubuh juga ikut keluar.

Jika Anda mampu melakukan olahraga secara rutin dan teratur menggunakan alat ini, maka manfaatnya benar-benar akan terasa. Apalagi olahraga dengan alat treadmill sangat praktis karena bisa dilakukan di dalam ruangan. Anda tidak harus berpanas-panasan atau takut kehujanan karena bisa menyimpan alat ini di dalam kamar atau di ruangan yang Anda inginkan.

5. Olahraga Mudah dalam Rumah

Dengan adanya alat treadmill maka Anda yang sibuk dan tidak sempat untuk melakukan olahraga di luar ruangan tetap bisa melakukan olahraga. Ketika memiliki alat treadmill Anda bisa melakukan olahraga kapanpun Anda inginkan.

Akan tetapi Anda tetap harus memilih waktu yang tepat. Disarankan untuk menghindari olahraga di malam hari. Malam hari merupakan waktu untuk beristirahat sehingga kurang baik apabila digunakan untuk berolahraga.

Dengan menggunakan alat ini Anda bisa memantau berapa kalori yang terbakar dan mengatur kira-kira berapa target kalori yang harus dibakar. Kecepatan lari juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Mulailah dari yang paling pelan lalu bisa dinaikkan kecepatannya agar semakin terasa manfaatnya.

Baca juga: 10 Manfaat Pilates untuk Wanita dan Pria

Setelah mengetahui manfaat treadmill untuk kesehatan, Anda tentu semakin tertarik dan bersemangat untuk rutin melakukannya.  Agar manfaat olahraga ini semakin terasa sebaiknya dilakukan secara rutin minimal 20 hingga 30 menit dalam satu kali latihan.

Meskipun Anda hanya memiliki alat treadmill bukan berarti tidak bisa mencoba melakukan olahraga lainnya. Ketika berada di dalam ruangan masih ada banyak sekali jenis olahraga lain yang bisa dilakukan seperti senam atau zumba.

Itulah informasi tentang manfaat treadmill yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga dengan informasi ini Anda akan semakin termotivasi untuk melakukan olahraga setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *