8 Nutrisi untuk Ibu Hamil, No 7 Paling Sehat

  • Whatsapp
nutrisi untuk ibu hamil

Nutrisi untuk ibu hamil – Makanan memiliki peran penting bagi seorang ibu hamil. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk benar-benar selektif saat mengkonsumsi makanan sehari-hari.

Selain menunjang kesehatan, makanan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Sehingga penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Berikut bibia sudah menyiapkan berbagai nutrisi baik untuk ibu hamil dan si kecil.

8 Asupan Nutrisi untuk Ibu Hamil

1. Vitamin A

Vitamin merupakan kelompok senyawa organik yang memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi metabolisme organ-organ tubuh. Salah satu nutrisi yang baik untuk dipenuhi selama kehamilan adalah vitamin A.

Vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin. Vitamin A bisa Anda peroleh dari makanan seperti brokoli, baya, telur, labu, kentang atau hati ayam.

2. Vitamin B1 & B6

Vitamin B1 (thiamin) merupakan kandungan yang sangat baik untuk memaksimalkan pembentukan saraf dan sistem saraf pada janin.

Sementara B6 (pyridoxine) adalah asupan vitamin yang baik untuk membantu produksi sel darah merah yang bermanfaat untuk mengurangi masalah mual saat hamil.

Vitamin B1 dan B6 bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, ayam, kubis, telur, daging, brokoli, wortel dan pisang.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat penting untuk tubuh karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C sering disebut sebagai asupan yang dapat mencegah penyakit dan juga penuaan. Anda bisa mendapatkan asupan dari makanan seperti brokoli, kentang, paprika atau stroberi yang mana merupakan buah paling kaya akan vitamin C.

4. Vitamin D

Vitamin D hampir sama seperti vitamin A yang sangat membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin. Pasalnya vitamin D memiliki kandungan fosfor yang merupakan kandungan penting bagi tulang.

Makanan apa saja yang memiliki vitamin D di dalamnya? Anda bisa mendapatkannya dari ikan dan susu.

5. Vitamin E

Vitamin E memiliki peran untuk memaksimalkan pembentukan jaringan otot dan juga pembentukan sel-sel darah merah yang tentu saja bermanfaat untuk Ibu hamil dan juga janin.

Kacang-kacangan, bayam dan minyak sayur adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin E tinggi.

6. Protein

Protein adalah asupan yang tidak kalah penting dari vitamin. Karena protein berperan untuk membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak secara optimal.

Nah, Anda bisa mendapatkan asupan protein terbaik dari telur, ikan dan daging tanpa lemak jenuh.

7. Asam Folat

Inilah nutrisi yang paling baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan boleh dikatakan jika dari 8 nutrisi yang baik untuk Ibu hamil, asam folat adalah asupan terbaik.

Asam folat sering dianggap sebagai pahlawan karena nutrisi ini berfungsi untuk mencegah cacat pada janin. Asam folat bisa Anda peroleh dari makanan seperti buah alpukat, jeruk, stroberi, buah bit, sayuran hijau, kacang-kacangan atau suplemen folic acid.

Artikel lengkap seputar asam folat sebagai berikut:

8. Kalsium dan Zat Besi

Kalsium dan zat besi adalah nutrisi yang tidak dapat terpisahkan.

Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah terjadinya pembekuan darah pada Ibu hamil, sementara zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia dan kelahiran prematur.

Kandungan kalsium dan zat besi dapat Anda peroleh dari sayuran hijau, daging sapi, ikan sarden atau susu.

Nutrisi sangat penting bagi Ibu hamil, maka dari itu penuhi setiap nutrisi di atas ya Bunda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *