Dear Bunda, Hindari 11 Pantangan Makanan Ibu Hamil Ini

3 min read

pantangan makanan ibu hamil

Bukan mau bikin cemas ya Bun, tapi faktanya memang masa-masa kehamilan termasuk sangat genting. Tentu menjaga kesehatan kandungan menjadi hal prioritas bagi setiap ibu hamil. Karena itu, pantangan makanan bagi ibu hamil tentu wajib Bunda ketahui.

Penasaran apa saja pantangannya? Berikut Bibia berbagi pantangan makanan yang perlu Bunda hindari!

Pantangan Makanan Ibu Hamil

pantangan makanan ibu hamil

1. Sushi

Jaman sekarang, sushi yang merupakan makanan khas Jepang ini sudah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat. Sebenarnya sih bukan karena ke-khasannya, rasa atau juga manfaatnya, tapi karena trennya.

Cuma se-tren apapun itu untuk mejeng di sosmed Bunda, sushi adalah salah satu pantangan makanan untuk Ibu hamil, tidak terkecuali bagi Bunda yang lagi hamil muda. Pasalnya, sushi termasuk makanan yang tidak diolah dengan baik, sehingga berisiko tinggi mengandung sejumlah bakteri di dalamnya. Yang mana jika Bunda konsumsi bakteri tersebut bisa memicu gangguan serius pada kehamilan Bunda. Jadi baiknya dihindari ya Bun.

2. Makanan yang Tidak Matang atau Setengah Matang

Selain karena kandungan bakterinya, sushi juga termasuk makanan yang tidak matang. Makanan yang seperti ini pun termasuk makanan yang pantang untuk Bunda konsumsi, kenapa? karena makanan mentah ataupun setengah matang berisiko mengandung bakteri, virus ataupun zat kimia yang dapat memicu gangguan berbahaya pada kehamilan Bunda. Lagian, makanan mentah atau setengah matang sebenarnya tidak punya manfaat untuk Bunda sendiri, jadi untuk apa dikonsumsi bener gak Bun?

3. Makanan yang Mengandung Zat Adiktif

Sangat penting agar Bunda jeli membeli bahan makanan di pusat perbelanjaan. Selain memperhatikan kandungannya, Bunda juga harus memperhatikan label BPOM. Di luar sana, bukan tidak mungkin ada makanan yang tidak memiliki label BPOM.

Makanan jenis ini umumnya makanan yang mengandung zat-zat berbahaya seperti zat adiktif. Ini juga termasuk makanan yang pantang untuk Bunda konsumsi.

4. Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Faktanya lemak trans yang masuk ke tubuh dapat memicu peningkatan kolesterol jahat. Pada Ibu hamil lemak trans ini dapat memicu gangguan pada masa tumbuh kembang bayi. Ini bukan hanya bisa memicu bayi lahir dengan berat badan kurang tapi juga dapat memicu keguguran. Karena itu penting agar Bunda tidak mengkonsumsi makanan instan, fastfood, nugger, kentang goreng, margarine, gorengan, donat, crackers, cookies dan popcorn.

5. Makanan yang Mengandung Kafein

Makanan yang mengandung kafein seperti soda, minuman berenergi dan cokelat juga termasuk pantanan makanan bagi Ibu hamil 1 bulan. Karena semua jenis makanan tersebut termasuk makanan yang mengandung kafein selain kopi. Makanan yang berkafein seperti ini berisiko memicu peningkatan tekanan darah dan detak jantung, jika terus dikonsumsi Bunda berisiko mengalami keguguran atau bahkan kelahiran prematur.

6. Daging Olahan untuk Fastfood

Umumnya daging olahan untuk fastfood, sepertu daging burger, sosis dan lain-lain sering kita temukan di pusat-pusat perbelanjaan. Nah, untuk Bunda yang kini tengah hamil 1 bulan, makanan tersebut termasuk makanan yang pantang untuk Bunda konsumsi. Karena umumnya makanan tersebut tidak diolah dengan baik.

7. Sayur dan Buah yang Tidak Diproses dengan Bersih

Sayur dan buah memang termasuk makanan yang penting untuk Bunda konsumsi, karena sayur dan buah memiliki semua kandungan penting untuk menunjang kesehatan dan kehamilan Bunda. Cuma hal yang harus Bunda perhatikan pula adalah proses pengolahannya. Sayur dan buah yang tidak di cuci bersih adalah pantangan makanan untuk Bunda.

8. Beberapa Jenis Ikan

Sama seperti sayur dan buah, ikan juga tergolong sebagai makanan penting untuk Ibu hamil. Karena ikan mengandung omega 3 dan 6 yang mana merupakan kandungan penting untuk kehamilan Bunda. Hanya saja tidak semua jenis ikan boleh Bunda konsumsi.

Sebaiknya Bunda tidak mengkonsumsi ikan atau hasil laut yang membuat Bunda alergi, selain itu pastikan pula agar Bunda menghindari ikan pari, ikan tenggiri, ikan hiu, ikan marlin atau ikan todak. Jenis ini ini termasuk jenis ikan yang mengandung zat berbahaya bagi kehamilan Bunda.

9. Buah Anggur

Untuk Bunda yang hamil 1 bulan, anggur tergolong jenis buah yang pantang untuk Bunda konsumsi. Memang anggur sebenarnya adalah buah sehat yang bergizi, Cuma untuk Bunda yang hamilnya masih 1 bulan anggur sebaiknya dihindari. Kenapa? karena buah yang satu ini memiliki sifat panas, yang mana dapat memicu rasa tidak nyaman. Apalagi jika Bunda termasuk Ibu hamil yang mengalami morning sickness.

10. Buah Nangka

Sebenarnya sampai sekarang buah nangka memang belum diteliti lebih dalam oleh pakar peneliti terkait kaitannya dengan kehamilan. Hanya saja dari keterangan ilmiah banyak menyebut kalau mengkonsumsi buah nangka dapat memicu penumpukan gas di dalam perut. Penumpukan gas seperti ini bagi Ibu hamil dapat sangat mengganggu kenyamanan. Bahkan masalah ini bisa membuat morning sickness makin parah jika Bunda mengalaminya.

11. Buah Nanas

Mau ngelurusin dulu nih Bun, nanas sejak lama dikenal sebagai pantangan makanan bagi Ibu hamil. Sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Karena faktanya nanas pun memiliki kandungan penting untuk kehamilan, hanya saja untuk Bunda yang usia kehamilannya masih 1 bulan atau masih berada di trimester pertama yaitu 3 bulan kehamilan buah nanas memang pantang untuk Bunda konsumsi. Karena nanas mengandung enzim bromelin, yang mana enzim ini bisa membuat rahim melemah.

Baca juga: Makanan Diet untuk Ibu Hamil (Lengkap)

Meskipun pantangan diatas lebih utama bagi ibu hamil muda (1 bulan), namun pantangan makanan ibu hamil ini disarankan untuk semua usia kandungan ya Bun, baik ibu hamil 2 bulan, 7 bulan, 8 bulan maupun ibu hamil tua. Hal ini sangat penting ya Bun, demi menjaga kesehatan Ibu dan si Kecil.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan bagi Bunda yang lagi hamil. Jangan lupa juga untuk konsultasi lagi dengan dokter ya Bun, supaya bunda lebih tenang dan nyaman di masa kehamilan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan Bunda ya.

Penulis: Ayuanda Anindya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *