12 Faktor Penyebab Mandul Pada Wanita

  • Whatsapp
penyebab mandul wanita

Penyebab mandul wanita – Pada dasarnya, proses kehamilan itu tidaklah semudah seperti yang Anda bayangkan. Ada beberapa pengetahuan yang perlu Anda pahami untuk bisa mendapatkan kehamilan tersebut.

Wanita yang sulit atau tidak bisa hamil, sering juga disebut di masyarakat dengan istilah mandul. Akan tetapi, hal ini tentunya belum dapat dipastikan kalau memang Anda belum menjalani pemeriksaan dan juga tes kesehatan dari Dokter.

Berkaitan dengan masalah kemandulan tersebut, Bibia sudah menyediakan informasi mengenai 12 faktor kemandulan pada wanita.

12 Penyebab Mandul Pada Wanita

1. Ada gangguan ovulasi

Dengan sistem reproduksi yang sehat, maka tubuh wanita pun bisa mengalami ovulasi yang membuat sel telur yang sudah bisa dibuahi oleh sel sperma pria. Namun, untuk wanita yang mengalami kesulitan hamil, maka bisa jadi karena siklus ovulasi yang kacau atau bahkan tidak mengalami ovulasi sama sekali.

Hal tersebut bisa saja dipicu oleh permasalahan pada hormon reproduksi atau masalah pada ovarium.

2. Mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Wanita yang menderita PCOS juga mengalami kesulitan untuk hamil. Ini merupakan masalah yang bisa menyebabkan hormon reproduksi menjadi tidak seimbang, sehingga proses ovulasi pun jarang terjadi atau sama sekali tidak terjadi.

Hal ini pun berkaitan dengan masalah berat badan atau resiko dari obesitas. Selain itu, penyakit ini pun bisa membuat siklus haid wanita menjadi tidak teratur, sehingga sulit menghitung masa subur.

3. Kegagalan ovarium

Gagalnya fungsi kerja dari ovarium juga sering membuat hilangnya sel telur dari ovarium serta kerusakan pada sel telur. Kondisi ini pun berhubungan dengan penyakit autoimun serta pengaruh obat keras dan kemoterapi. Kondisi ini bisa membuat ovarium tidak mampu memproduksi sel telur serta membuat produksi hormon estrogen menjadi berkurang.

4. Prolaktin yang tinggi pada tubuh

Jika tubuh menghasilkan prolaktin yang lebih tinggi, naka ini bisa membuat wanita susah hamil. Hal ini pun biasanya bisa memicu kemandulan. Akan tetapi, hal ini biasanya juga lebih berhubungan dengan penggunaan obat keras atau obat khusus terhadap penyakit tertentu.

5. Saluran tuba falopi yang rusak

Saat wanita mengalami gangguan pada saluran tuba falopinya, maka ini bisa membuat wanita itu sulit untuk hamil. Kalau saluran ini sampai rusak, maka sel sperma dari pria tidak bisa bertemu dengan sel telur wanita, sehingga sulit untuk terjadi pembuahan di dalam rahim.

Kerusakan tersebut bisa terjadi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Infeksi radang panggul, chlamydia, penyakit infeksi menular, resiko pada bagian uterus.
  • Pernah operasi atau pembedahan pada bagian perut atau sekitar panggul.
  • Ada penyakit tuberkulosis yang membuat infeksi dan kerusakan apda saluran tuba falopi.

6. Mengalami penyakit endometris

Penaykit ini bisa menyebabkan adanya pertumbuhan jaringan pada bagian rahim atau area organ reproduksi lain. Penyakit endometris ini memunculkan jaringan parut yang bisa tumbuh di bagian saluran tubu falopi, ovarium atau pun jenis organ lainnya.

Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus, maka tentu mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Penyakit ini pun bisa membuat lapisan pada rahim menjadi rusak, sehingga kualitas sel telur menjadi buruk.

7. Ada kelainan rahim atau uterus

Kelainan seperti ini juga bisa membuat wanita mandul atau sulit hamil. Penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut :

  • Polip atau miom di rahim.
  • Terdapat jaringan parut di rahim.
  • Ada gangguan rahim sejak lahir, seperti bentuk rahim yang tidak normal.
  • Mengalami penyakit serviks.
  • Serviks tidak menghasilkan lendir sehingga sel sperma tidak bisa masuk ke rahim.

8. Karena usia

Pengaruh lainnya yang paling banyak juga diketahui oleh masyarakat saat ini adalah usia.Dan, hal ini pula yang biasa terjadi pada wanita yang memiliki usia lanjut.

9. Rokok dan alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering merokok atau minum alkohol juga termasuk sebagai salah satu penyebab susah hamil. Pada bungkusan dari rokok itu sendiri sudah jelas tertulis mengenai larangan dan juga resiko yang bisa dialami.

Zat adiktif yang terdapat di dalam rokok dan juga alkohol inilah yang menjadi penyebab gangguan kesuburan pada wanita.

10. Obesitas

Obesitas atau berat badan yang berlebihan juga termasuk sebagai salah satu penyebab wanita sulit hamil, bahkan sampai mengalami kemandulan. Karena, obesitas ini menyebabkan gangguan ovulasi yang bisa membuat wanita sulit memiliki sel telur yang matang dengan sempurna, sel telur yang rusak, sehingga sulit hamil.

11. Penyakit menular seksual

Penyakit seperti ini biasanya akan merusak bagian daru saluran tuba falopi wanita dan juga kerusakan lainnya, sehingga sulit untuk hamil. Penyakit seperti ini biasanya muncul pada wanita yang suka melakukan hubungan seksual dengan bebas atau berpindah pasangan.

Bahkan Kondisi tersebut bisa memicu penyakit berbahaya lainnya seperti HIV/AIDS, hepatitis, dan lainnya.

12. Menopause dini

Termasuk untuk wanita yang mengalami menopause dini, tentu juga kesempatan untuk hamil akan lebih sulit.

Wanita yang mengalami hal tersebut akan membuatnya tidak bisa memiliki sel telur sama sekali atau sel telur yang selalu rusak. Sehingga, tidak akan terjadi pembuahan sama sekali.

Menopause dini bisa terjadi karena berat badan yang rendah, diet yang terlalu ketat, serta olahraga yang terlalu keras.

Nah, itulah 12 penyebab wanita mandul yang perlu diketahui. Ingat, selalu konsultasi lebih lanjut pada dokter. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *