3 Posisi Tidur yang Aman saat Hamil

  • Whatsapp
posisi tidur saat hamil

Posisi tidur saat hamil – Ibu hamil sangat diwajibkan untuk benar-benar memperhatikan dirinya, karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi kehamilannya sendiri. Sebagaimana yang kita sudah ketahui bersama, jika di dalam tubuh Ibu hamil akan terjadi banyak macam perubahan, dimana setiap perubahan tersebut benar-benar membutuhkan perhatian agar tidak berdampak pada janin yang ada dalam kandungan.

Memperhatikan diri selama kehamilan sebenarnya sudah menjadi kewajiban bagi setiap wanita, termasuk pula bagi para suami. Karena kehamilan sangat dinantikan oleh setiap pasangan yang telah menikah.

Saat hamil sudah sepantasnya setiap wanita mampu menjaga dan merawat kehamilannya dengan baik, karena di luar sana tidak semua wanita dan pasangan suami istri yang dapat merasakannya.

Menurut para pakar kesehatan dan kehamilan, salah satu hal yang wajib dipenuhi oleh wanita di masa kehamilan adalah memenuhi waktu istirahat yang cukup. Istirahat sangat penting bagi Ibu hamil termasuk bagaimana pola tidur setiap hari.

Tidur merupakan fase dimana tubuh beristirahat dan mengisi kembali energi setelah seharian beraktivitas. Tidak hanya itu, tidur juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

Ya, bagi Ibu hamil tidur merupakan salah satu hal yang penting, tidak hanya tidur pada malam hari tapi juga tidur pada siang hari. Karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh Ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan.

Sayangnya, saat masa kehamilan tentu kadang tidur ibu hamil jadi tidak nyaman. Entah karena faktor lingkungan atau posisi tidur yang tidak nyaman.

Posisi tidur memang menjadi salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh Ibu hamil. Dimana posisi tidur yang tidak nyaman bisa membuat tidur jadi terganggu. Apalagi saat perut semakin membesar sehingga khawatir posisi tidur yang salah, yang tentu berisiko pada janin dalam kandungan.

Untuk posisi tidur saat hamil trimester 1 awal kehamilan, umumnya para Ibu hamil bisa tidur dengan posisi yang bebas, selama merasakan kenyamanan di posisi tersebut.

Berbeda ketika memasuki usia kehamilan di trimester kedua, dimana perut semakin membesar karena janin semakin tumbuh dan berkembang. Disini ibu hamil merasa cemas dan khawatir jika posisi tidurnya bisa membahayakan janin dalam kandungannya.

Namun tidak perlu khawatir, karena bibia sudah menyiapkan tiga posisi tidur yang aman saat hamil sehingga Anda tidak perlu cemas lagi.

Posisi Tidur Saat Hamil Trimester 1, 2, dan 3

1. Tengkurap

Sebenarnya posisi tidur saat hamil yang cukup aman adalah posisi tengkurap. Namun, umumnya posisi tidur tengkurang hanya bisa dilakukan pada trimester pertama masa kehamilan.

Memasuki trimester 2 dan seterusnya posisi tidur tengkurap sudah mulai membuat ibu hamil tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena posisi tengkurap terasa tidak nyaman seiring dengan perut yang semakin membesar.

Jika Anda memutuskan untuk tidur dengan posisi ini, sebaiknya Anda menggunakan bantalan untuk menyokong paha Anda agar tidur lebih nyaman.

2. Telentang

Memasuki usia kehamilan trimester kedua atau sejak usia 16 minggu kehamilan, Anda disarankan untuk tidur dengan posisi telentang.

Posisi tidur ini terbilang cukup nyaman karena dengan tidur terlentang Anda bisa mengalihkan berat rahim ke bagian belakang tubuh.

Meskipun cukup aman, namun bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, posisi tidur telentang sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, dalam beberapa kasus sejumlah Ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah dengan tidur dalam posisi terlentang.

3. Posisi Miring

Posisi tidur saat hamil yang paling aman adalah posisi miring. Anda bisa tidur dengan posisi miring setelah usia kehamilan memasuki 16 minggu.

Umumnya posisi tidur miring bisa Anda lakukan dengan dua cara yaitu miring ke kiri atau ke kanan.

Namun para pakar menganjurkan agar Anda tidur dengan posisi miring ke kiri saat usia kehamilan Anda memasuki 16 minggu. Posisi ini berguna untuk menyuplai aliran darah dan nutrisi pada bayi.

Bahkan posisi tidur miring ke kiri juga sangat baik untuk mencegah pembengkakan pada kaki dan tangan.

Selain posisi tidur miring ke kiri, Anda juga bisa membalikkan tubuh untuk tidur dengan posisi miring ke kanan atau melakukannya secara bergantian. Hal ini juga sangat baik untuk membuat tidur Anda lebih nyaman.

Posisi tidur yang aman dan baik, tentu akan membantu tidur Anda lebih nyaman, yang mana tidur menjadi salah satu bagian penting bagi Ibu hamil.

Nah, jika Anda memutuskan untuk tidur dengan posisi miring, disarankan untuk menggunakan bantal pada punggung dan juga bagian lutut Anda agar lebih nyaman. Anda juga bisa menyediakan sebuah bantal khusus untuk Ibu hamil.

Anda juga tidak perlu cemas ketika saat Anda tidur dan tiba-tiba terbangun dengan posisi tidur yang berbeda. Hal tersebut merupakan bagian alami yang akan terjadi pada setiap orang, tidak hanya bagi Ibu hamil tapi juga pada setiap orang.

Jika memang Anda bangun dan tidak dalam posisi tidur yang aman, tidak usah khawatir dan bisa merubah posisi tidur sesuai yang telah disebutkan diatas.

Semoga infonya bermanfaat ya Ibu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *