8 Tanda Tidak Subur Pada Suami dan Istri

3 min read

Tanda tidak subur

Tanda tidak subur – Ketidaksuburan atau infertilitas adalah salah satu masalah yang paling ditakuti oleh setiap wanita dan pria, apalagi yang sudah menjalankan pernikahan. Masalah ini tentunya bisa saja dialami oleh pria (suami) atau pun pada pasangan wanita (istri).

Maka dari itu, sangat penting untuk setiap pasangan yang memang sudah cukup lama mengupayakan kehamilan tersebut diharuskan melakukan pemeriksaan ke Dokter kandungan. Hal ini dilakukan supaya bisa mengetahui tingkat kesuburan masing-masing diantara suami atau pun istri secara pasti.

Selain dengan periksa ke dokter, ada cara untuk mengecek kesuburan diantara suami atau pun istri yang bisa dilakukan secara mudah. Namun, perlu diingat bahwa hal ini adalah hanya tanda yang menunjukkan ketidaksuburan. Kepastiannya tentu harus ditindaklanjuti dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter ahli.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa ketidaksuburan itu bukan berarti mandul. Kedua hal tersebut merupakan kondisi yang berbeda makna.

  • Kemandulan itu adalah kondisi yang terjadi pada suami atau pun istri yang tidak bisa mendapatkan keturunan langsung, walaupun sudah mengupayakan segalanya dengan teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama 6 bulan atau 1 tahun lebih.
  • Tidak subur atau infertilitas itu adalah kondisi di mana pasangan suami istri masih memungkinkan mendapat kesempatan untuk memiliki keturunan langsung, tapi hanya mengalami beberapa hambatan baik untuk istri atau pun suami.

Lantas, untuk bisa mengetahui siapa yang tidak subur di antara pasangan suami atau istri? Silahkan Anda simak beberapa penjelasan dari kami sebagai berikut.

Tanda Wanita Tidak Subur

Salah satu gejala dari infertilitas atau ketidaksuburan yang paling kentara dari wanita adalah belum memiliki anak. Meskipun sudah berusaha susah payah untuk menjalankan berbagai program kehamilan.

Namun, ada tanda lainnya yang sudah Bibia ulas satu persatu sebagai berikut.

1. Haid yang tidak teratur

Tanda pertama yang bisa dilihat pada wanita itu sendiri, adalah siklus haid bulanannya.

Sebaiknya Anda mencatat dengan baik terkait masa atau siklus haid tersebut. Karena, siklus haid yang tidak teratur tersebut tentunya bisa sebagai penanda bahwa Anda tidak subur.

Selain itu pula, Anda juga perlu mewaspadai kalau haid Anda ini terjadi pada periode yang cukup lama, seperti misalnya lebih dari 35 hari, atau bisa saja datang bulan Anda terlalu pendek yang hanya 21 hari. Bahkan kemungkinan juga Anda tidak haid selama beberapa bulan ke depannya.

Untuk bisa mengatasi kondisi seperti ini, maka langkah tepat yang harus Anda lakukan itu adalah dengan konsultasi langsung kepada Dokter.

Dengan demikian, tindakan penanganan oleh Dokter bisa cepat dilakukan. Termasuk kemungkinan terburuk dari kondisi ini tersebut bisa segera diatasi.

2. Haid yang tidak wajar

Kalau di atas tadi adalah haid yang tidak teratur, di mana periode haidnya yang mengalami gangguan, maka pada poin ini adalah haid yang tidak wajar.

Haid yang tidak wajar ini lebih mengacu kepada sifat haid, yang bisa saja memperlihat haid yang terlalu deras atau lebih sedikit dari kondisi yang biasanya. Hal ini bisa saja berpengaruh terhadap kondisi ketidaksuburan Anda.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memperhatikan apakah saat periode haid tersebut berlangsung, ada beberapa macam gejala yang bisa menyertai kondisi ini. Misalnya saja, Anda mengalami sakit punggung, merasakan sakit pada bagian tulang ekor, atau pun sakit pada bagian perut.

3. Ada cairan dari payudara seperti ASI

Cairan yang keluar dari payudara wanita itu seharusnya baru bisa keluar jika sudah masuk dalam masa menyusui. Tapi, kalau cairan yang mirip dengan ASI tersebut keluar dari payudara, dan Anda tidak sedang dalam menyusui, atau belum pernah hamil sama sekali, maka ini termasuk salah satu tanda bahwa Anda mengalami kelainan hormon.

Kelainan hormon seperti ini merupakan indikasi terhadap ketidaksuburan wanita. Untuk itu, hal ini harus didiskusikan lebih lanjut dengan Dokter secara langsung.

4. Merasakan sakit saat berhubungan dengan pasangan (suami)

Saat Anda berhubungan intim dengan pasangan (suami), tentunya akan ada sedikit rasa sakit. Namun, Anda jangan terlalu meremehkan rasa sakit yang timbul tersebut. Bisa jadi hal ini juga termasuk penanda kalau ada gangguan pada tingkat kesuburan Anda.

Selain itu, kondisi ini bisa mengindikasikan terjadinya radang panggul, fibroid rahim, atau pun penyakit lainnya. Penyakit-penyakit ini erat kaitannya terhadap kesuburan wanita.

Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan di sini adalah gejala tersebut yang kemungkinan masing-masing wanita bisa berbeda, semua itu tergantung dari pemicu yang menjadikannya tidak subur.

Maka dari itu, segera lakukan konsultasi dengan Dokter untuk bisa mengetahui hal tersebut.

Baca juga: 10 Penyebab Susah Hamil Pada Wanita

Tanda Pria Tidak Subur

Ketidaksuburan ini tidak hanya dialami oleh wanita saja, melainkan pria juga bisa mengalami kondisi serupa. Kondisi ini tentunya menjadi salah satu penghambat Anda sulit untuk mendapatkan keturunan secara langsung.

Untuk mengetahui apa saja tanda-tanda pria yang tidak subur itu, maka silahkan Anda simak berikut ini:

1. Kondisi daya tahan tubuh menurun

Masalah pada sistem daya tahan tubuh adalah salah satu penyebab yang mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria. Jika sistem kekebalan tubuh menjadi menurun, maka kondisi Anda pun akan melemah, dan mudah untuk terserang berbagai macam penyakit.

Kondisi seperti inilah yang kerap kali membuat pria mengalami gangguan pada kesuburannya. Hal ini karena motilitas sperma Anda juga akan menjadi rendah, sehingga pembuahan pun sulit dilakukan.

2. Mengalami masalah pada fungsi seksual

Masalah fungsi seksual ini meliputi terganggunya gairah seksual, sulit mengalami ereksi, ejakulasi dini, ataupun sperma yang sedikit. Hal semacam inilah yang bisa menjadi hambatan Anda untuk sulit mendapatkan momongan.

3. Ada masalah pada berat badan

Masalah berat badan ini bisa terjadi pada pria yang mengalami masalah obesitas (berat badan yang berlebihan). Kondisi ini dianggap menjadi pengganggu ketidaksuburan pria, karena nutrisi di dalam tubuh tidak seimbang, sehingga kualitas dari sperma yang dihasilkan itu bukan yang terbaik.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus menjalani hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca juga: Manfaat Asam Folat untuk Kesuburan

4. Faktor usia

Sebenarnya poin juga termasuk dalam faktor penyebab wanita tidak subur. Karena, manusia yang berusia di atas 35 tahun itu akan mengalami gangguan pada kesuburannya baik itu pria atau pun wanita.

Bagi pria sendiri, jumlah sperma akan menjadi semakin menurun. Sedangkan untuk wanita yang berusia di atas 35 tahun itu sudah masa menopause.

Tapi, untuk pria sendiri bukanlah tidak mungkin bisa menghamili istrinya. Kesempatan itu tentunya masih ada, tergantung dari istri Anda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *