19 Tips Cara Mengatasi Mual saat Hamil

4 min read

tips mengatasi mual saat hamil

Bagi Bunda yang sedang hamil, Bibia sudah menyiapkan tips cara mengatasi mual saat hamil secara alami tanpa perlu obat.

Selain sebagai tanda hamil 1 bulan, rasa mual sampai muntah juga menjadi gangguan paling umum pada ibu hamil muda. Gangguan ini tentunya tidak perlu menjadi kekhawatiran Anda sampai berlarut-larut. Pasalnya kondisi ini pun nantinya akan hilang dengan sendirinya, seiring usia dari kehamilan Anda.

Namun, terkadang rasa mual itu memang sangat menganggu dan menyita waktu. Sehingga, Anda tidak bisa menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Jika anda sedang mengalami gangguan tersebut, tidak perlu khawatir dan bisa terapkan beberapa tips berikut ini.

Tips Cara Mengatasi Mual saat Hamil

1. Porsi makan sedikit, tapi lebih sering

Saat Anda diet, maka cara ini pasti Anda lakukan. Dengan makan lebih sedikit tapi sering, tentu lebih efektif dalam mengurangi gejala mual di awal masa kehamilan Anda.

Selain itu, jaga juga asupan makanan Anda, dengan memilih makanan yang bergizi dan sehat.

2. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur saat bangun pagi

Kebiasaan dari beberapa orang ketika bangun tidur pagi adalah langsung beranjak dari tempat tidurnya. Hal ini biasanya karena sibuk atau ada keperluan mendesak di pagi hari.

Bagi anda sebagai ibu hamil harus memberikan jeda saat bangun pagi, dan jangan langsung beranjak dari tempat tidur demi mengurasi resiko mual. Berbaringlah sebentar setelah bangun tidur pagi, hingga perasaan Anda memang benar-benar sudah nyaman dan siap.

3. Jangan makan makanan yang mengandung gas

Cara mengatasi mual saat hamil yaitu dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gas tinggi. Hal ini bisa membuat perut Anda terasa kembung dan penuh.

beberapa makanan yangf mengandung gas seperti kol, nangka, durian, tape, sawi hijau, kentang dan lainnya.

4. Hindari makanan yang bisa memicu mual

Bagi ibu hamil muda, makan beberapa makanan akan terasa berbeda baik itu dari rasa dan juga baunya. Sehingga, hal inilah yang kadang membuat ibu hamil merasakan mual hingga muntah, khususnya makanan yang baunya menyengat.

Selain itu, hindari pantangan makanan ibu hamil seperti makanan dengan lemak tinggi, makanan berminyak, serta makanan pedas.

Jika Anda sampai muntah yang cukup banyak, maka sebaiknya Anda memperbanyak asupan cairan dengan minum air putih setiap hari. Termasuk minum air hangat yang memang bisa membantu dalam menetralisir penyebab rasa mual pada ibu hamil.

5. Mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari suplemen khusus atau pun dari bahan alami seperti buah dan sayuran. Tapi, untuk bisa mengatasi rasa mual saat hamil muda tersebut, maka Anda sebaiknya mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C saja.

Hindari mengkonsumsi buah yang terlalu asam, karena bisa membuat ibu hamil mengalami asam lambung.

6. Konsumsi buah yang dingin

Buah yang dingin juga menjadi salah satu tips mengatasi mual saat hamil muda, terutama yang menderita asam lambung.

Buah yang dingin bisa membantu dalam menetralisir rasa mual yang Anda rasakan di awal kehamilan. Karena, dengan suhu yang rendah (dingin), maka ini bisa diterima dengan usus Anda dibandingkan buah dengan suhu yang biasa saja.

7. Hiruplah udara segar khususnya di pagi hari

Dengan menghirup udara yang segar, maka ini bisa membuat Anda menjadi lebih rileks, sekaligus mengurangi rasa mual. Karena, dengan rileks maka syaraf otak bisa bekerja untuk mengatasi rasa mual yang dialami.

8. Berolahraga rutin

Anda jangan beranggapan kalau olahraga untuk ibu hamil itu berbahaya. Kalau bentuk olahraganya itu terlalu ekstrim atau berat, memang akan membahayakan. Tapi kalau Anda melakukan olahraga yang ringan-ringan saja, maka ini bisa membantu untuk tubuh menjadi lebih sehat, serta mengurangi rasa mual.

Olahraga ibu hamil yang paling ringan adalah berjalan di pagi hari sekaligus menghirup udara segar pagi hari.

9. Coba untuk melakukan terapi

Kalau memang rasa mual Anda saat hamil muda ini sudah terlalu berat, bahkan sampai muntah terus-menerus, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan terapi.

Terapi yang bisa Anda lakukan di sini adalah akupuntur. Akan tetapi, sebelum menjalani terapi tersebut ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan Dokter terlebih dulu ya!

10. Dinginkan suhu tubuh Anda

Saat Anda hamil, maka suhu tubuh Anda pun akan meningkat, bahkan terasa seperti demam. Kalau sudah seperti ini, maka rasa mual yang Anda rasakan pun akan semakin meningkat.

Untuk bisa mengatasi hal tersebut, maka Anda sebaiknya tidak terlalu banyak bergerak dulu, dan pastikan juga suhu ruangan tetap adem dan sejuk, yang artinya tidak terlalu dingin dan juga tidak panas.

11. Konsumsi vitamin B6

Sama halnya dengan vitamin C di atas sebelumnya, vitamin B6 ini pun bisa Anda dapatkan dari suplemen khusus, atau pun dari makanan alami. Susu untuk ibu hamil adalah salah satu asupan yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil muda dengan kandungan vitamin B6 yang cukup.

Selain bisa mengurangi rasa mual dan muntah, mengkonsumsi susu hamil dengan teratur, bisa membanti dalam memperbaiki cairan tubuh juga.

12. Usahakan untuk beristirahat yang cukup

Tips berikutnya yang harus para ibu hamil lakukan saat hamil muda dalam menghindari rasa mual adalah dengan beristirahat yang cukup setiap harinya. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, maka pikiran Anda pun bisa lebih rileks, dan membuat rasa mual bisa teratasi.

13. Hindari perasaan stress

Kalau Anda mengalami stres saat hamil muda, maka resiko mual dan muntah pun bisa lebih besara. Untuk itu, pastikan pikiran Anda tetap rileks, nyaman dan stabil jangan stres.

14. Coba konsumsi minuman tertentu

Terdapat beberapa minuman yang bisa membantu dalam meringankan rasa mual saat hamil muda. Beberapa minuman tersebut antara lain, adalah jahe hangat, teh dengan rasa mint, serta air yang telah diberikan dengan perasan lemon.

15. Melakukan hal yang bisa membuat rileks

Hal-hal yang bisa membuat Anda rileks tentunya adalah melakukan hal yang menyenangkan. Dengan ini maka, rasa mual yang Anda rasakan bisa hilang. Karena, di saat Anda tenang, maka tubuh serta pikiran Anda pun bisa lebih santai atau rileks.

Kalau sudah rileks seperti ini, maka rasa mual pun tidak akan Anda rasakan lagi. Hal-hal yang bisa Anda lakukan tersebut antara lain, seperti yoga, meditasi, pernapasan hidung dan perut, serta aktivitas relaksasi lainnya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil

16. Jauhi bau yang menyengat

Indera saat Anda hamil akan meningkat lebih tajam, karena pengaruh hormon kehamilan. Salah satu indera yang bisa membuat Anda merasakan mual itu adalah indera penciuman.

Saat Anda mencium bau yang terasa menyengat, tentu akan membuat Anda merasakan mual sampai muntah. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang memiliki bau menyengat.

17. Minum jus buah

Kalau sebelumnya di atas adalah mengkonsumsi buah dingin, maka Anda bisa juga membuat buah-buahan tersebut menjadi jus dingin untuk Anda konsumsi. Jus buah untuk ibu hamil ini bisa membantu mengatasi rasa mual hingga muntah.

18. Langsung berbaring saat mual

Ketika sedang berdiri atau duduk, dan rasa mual tersebut tiba-tiba muncul, maka sebaiknya Anda coba untuk berbaring sebentar. Jangan pernah Anda paksakan diri untuk duduk apalagi berdiri. Dan, di saat Anda sudah berbaring, maka pastikan Anda mengatur pernapasan dengan baik dan teratur.

19. Coba dengan menghirup aroma terapi

Meskipun indera penciuman ibu hamil itu cukup tajam, dan bisa membuat mual dengan menciumi aroma tertentu, tapi akan berbeda dengan bau aroma terapi.

Bau aroma terapi juga bisa membantu Anda dalam mengurangi rasa mual yang dirasakan saat hamil muda. Karena, dengan bau aroma terapi yang tepat ini, maka bisa membantu Anda menjadi lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *